PERHITUNGAN INTEGRAL RESONANSI PADA BAHAN BAKAR REAKTOR HTGR BERBENTUK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM VSOP

Elfrida Saragi

Abstract


Perhitungan resonansi pada bahan bakar reaktor adalah sangat penting karena menyangkut pada keselamatan reaktor.  Pada bahan bakar reaktor terjadi proses reaksi fisi dan fusi.  Jika neutron menumbuk suatu partikel maka akan terjadi reaksi penangkapan dan penyerapan neutron dan resonansi akibat tumbukan dan mengakibatkan terjadi peningkatan suhu dan energi.  Jika suhu semakin tinggi maka diharapkan resonansi absorbsi akan semakin besar ataupun tetap karena meningkatnya suhu, penurunan nilai puncak dan memperluas rentang energi tetapi nilai penurunan hasil cross section dalam penurunan depresi pada fluks neutron di wilayah resonansi. Dalam hal ini diharapkan resonansi absorbsi harus dapat menangkap reaksi yang ditimbulkan karena peningkatan penyerapan penampang dengan suhu bahan bakar meningkat dan hasil resonansi ini akan digunakan untuk menentukan koefisien reaktivitas Doppler. Perhitungan resonansi ini menggunakan VSOP dengan data nuklir menggunakan Gam Lib dan Termal lib dan data inputan menggunakan contoh inputan dari VSOP untuk bahan bakar HTGR (Hight Temperature Gas Reactor) berbentuk bola dengan bahan bakar UO2 dengan pengkayaan 10 % dan  inputan suhu adalah 293 K.  Hasil perhitungan ini diperoleh harga total resonansi integral sebesar 8.19008, integral resonansi sebesar 8.13796 dengan koreksi sebesar 0.521285.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Weston M. Stacey, Nuclear Reactor Physics , Second Englarged, WILEY-VCH Verlag Gmbh&Co.KGaA.

Walter E. Meyer E. Meyerhof, Professor of Physics Stanford University, Elements of Nuclear physics, McGraw-HILL Book Company, New York San Fransisco/London/Toronto/Sydney.

James J. Duderstadt, Louis J. Hamilton, Nuclear Reactor Analysis, Department of Nuclear Engineering, The University of Michigan, Ann Arbor,

Michigan, John WILEY &SONS, INC,New York/London/Sydney/Toronto

VSOP (’94), Computer Code System for Reactor Physics and Fuel Cycle Simulation, Input Manual and Comments.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.