E-TOURISM : ANTARA KONSEP DAN IMPLEMENTASI DALAM MENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA INDONESIA

Hidayatulah Himawan

Abstract


Dunia pariwisata bukan merupakan hal baru bagi tiap orang. Pariwisata telah menjadi industri yang “menggurita” di tiap daerah tujuan wisata. Berbagai fasilitas dan kemudahan serta hiburan yang disediakan untuk menunjang berbagai aktifitas pariwisata telah disediakan oleh pemerintah ataupun komponen pendukung pariwisata lainnya. Salah satu fasilitas yang dapat dikembangkan adalah e-tourism. E-tourism dapat memberikan informasi tujuan wisata dengan berbagai kebutuhan dan fasilitas pendukung bagi para pengguna khususnya wisatawan. Layanan diberikan melalui handphone sebagai bentuk kemudahan yang bisa didapatkan oleh para pengguna. Handphone sudah menjadi alat komunikasi yang dimiliki secara umum oleh tiap individu. Bentuknya yang kecil dan sederhana namun memiliki fasilitas yang luar biasa dan dapat menangani dan memiliki berbagai asilitas pendukung seperti MMS, WAP dan lain sebagainya. Dengan fitur pendukung tersebut, maka dapat dikembangkan berbagai sistem informasi yang dapat menjangkau berbagai wilayah dan komponen pariwisata di berbagai daerah, khususnya Yogyakarta. Sistem dikembangkan berbasis WAP dengan fasilitas menú informasi tentang wilayah tujuan pariwisata dan fasilitas pendukung lainnya seperti hotel, bank dan informasi lainnya.


References


Biro Pusat Statistik, 2004., Jumlah Kunjungan wisatawan Manca Negara Berdasarkan Wilayah: Jakarta.

Boerhanoeddin, Zuraida, 2005., E-Commerce In Indonesia; Indonesian Satellite Corp

Darrell E. Owen, Idris F. Sulaiman, Sonia Baldia, Steven P. Mintz, 2001., Indonesia—Information and Communications Technologies (ICT) Assessment: USAID-funded Project with the Government of Indonesia

Dewi., A., R., Jogja Guide Tourism, Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta

Meningkatkan Transaksi Pariwisata Indonesia dengan Internet, www.bogor.net

Santosa Setyanto P, 2002., Pengembangan Pariwisata Indonesia: www.google.com

Tanaamah, R., A., 2007, Kepariwisataan Berbasiskan E-Tourism di Indonesia, FTI Program Studi Sistem Informasi, Indonesia.

World Tourism Organization (2003/2004). Tourism Highlights. See http://www.world-tourism

World Tourism Organization (2004). Compendium of Tourism Statistics. See http://www.world-tourism.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.