APLIKASI SINGLE ACCOUNT BERBASIS WEB SERVICE MENGGUNAKAN AUTHETICATION LIGHTWEIGHT DIRECTORY ACCESS PROTOCOL (LDAP)

Rifki Indra Perwira, Heru Cahya Rustamaji, Hendra Arya Syaputra

Abstract


Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta mempunyai sistem informasi diantaranya yaitu Computer Base Information System (CBIS), E-Learning, dan lain sebagainya. Sistem informasi yang ada di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta memiliki username dan password yang berbeda untuk masuk ke setiap aplikasi. Hal ini dapat menyebabkan banyaknya pengguna yang lupa dengan username dan password yang dimiliki, sehingga dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman dengan hal tersebut. Oleh karena itu, untuk memberikan kemudahan pada pengguna, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menggunakan satu user account dengan memanfaatkan aplikasi single account menggunakan LDAP berbasis web service.

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian yang diantaranya yaitu dengan melakukan studi pustaka, observasi lapangan, wawancara, dan pengambilan data, sedangkan metodologi pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Waterfall yang memiliki 5 tahapan. Dalam perancangan aplikasi single account  ini menggunakan web service yang digunakan sebagai portal aplikasi single account, dan LDAP digunakan untuk menyimpan data username dan password yang merupakan database terpusat.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dihasilkan web service yang digunakan sebagai aplikasi portal single account berbasis webservice untuk login ke beberapa aplikasi yang akan diintegrasikan. LDAP server yang terpusat tersebut digunakan untuk menyimpan user account dari pengguna

Keywords


Web Service, Single Account, LDAP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.