ANALISIS PENGGABUNGAN METODE SAW DAN METODE TOPSIS UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN DOSEN

Gregorius Rinduh Iriane, Ernawati Ernawati, Irya Wisnubhadra

Abstract


Konsep sistem pendukung pengambilan keputusan yang berbasis komputer (Computer Based Decision Support System) saat ini berkembang sangat pesat. Dalam proses pengambilan keputusan terdapat banyak kriteria dan banyak pula metode yang akan digunakan. Permasalahannya adalah bagaimana menentukan kriteria-kriteria apa saja dan metode-metode apa yang tepat untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan adalah dengan menggunakan  metode SAW (Simple Additive Weighting) dan metode TOPSIS (Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution). Hal ini disebabkan karena kedua metode tersebut konsepnya sederhana, mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Penelitian ini akan menggabungkan dua metode dalam SPK yaitu, metode SAW dan Metode TOPSIS, dalam studi kasus penentuan penerima dosen pada STIKOM ARTA BUANA KUPANG. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menentukan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, yakni pelamar (dosen) yang layak lolos seleksi berdasarkan kriteria-kriteria berikut: IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), TPA (Tes Potensi Akademik),TOEFL (Test Of English as a Foreign Language), dan Wawancara . Penelitian dilakukan dengan mencari nilai matrisks ternormalisasi R untuk setiap atribut menggunakan metode SAW, kemudian dilanjutkan dengan metode TOPSIS untuk mencari solusi atau alternatif yang dipilih

References


Haidaroh, A., 2013, Maret, 11, Interview berdirinya STIKOM ARTA BUANA KUPANG dan Kriteria-Kriteria yang digunakan untuk seleksi penerimaan dosen.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit : Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, S, Hartati, S, Harjoko, A & Wardoyo, R , 2006, Fuzzy Multiple-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Manurung, P, 2010, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Dengan Metode AHP Dan TOPSIS (Studi Kasus: FMIPA USU), Program Studi Ilmu Komputer Universitas Sumatra Utara Medan.

Monavvarian, A, Fathi, MR, Zarchi, MK & Faghih, A, 2011, Combining ANP with TOPSIS in selecting Knowledge Management Strategies (Case Study: Pars Tire Company), European Journal of Scientific Research, pp. 538-546.

Turban, E, Aronson, EJ & Liang, T, 2005, Decision Support Systems and Intelligent System (7th edition), Prentice Hall Publication.

Yuniarti, S 2011, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Media Promosi Menggunakan Fmadm Dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi kasus: STMIK Profesional Makassar), Program Studi Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada Yogyakarta., Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.