ANALISIS ISI (CONTENT) BLOG SEBAGAI MEDIA KAMPANYE CALON ANGGOTA LEGISLATIF (CALEG) PADA PEMILU LEGISLATIF 2009

Authors

  • Arief Wibowo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur,
  • Dyah Retno Utari Program Studi Sistem Informasi Fak. Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur,

Abstract

Pesta demokrasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif menghadirkan maraknya persaingan di antara para calon anggota legislatif (caleg). Setiap caleg berlomba untuk menyampaikan aspirasinya melalui berbagai media komunikasi, mulai dari media cetak hingga media elektronik. Salah satu media elektronik yang mulai digunakan oleh para caleg adalah blog yang merupakan layanan internet. Berbeda dengan media komunikasi pada umumnya seperti televisi, radio, koran, spanduk, brosur atau leaflet, blog menawarkan berbagaikeunggulan seperti kemudahan akses kapan dan dari manapun, mudah dan secara cepat dapat dimutakhirkan isiny serta memilliki daya jangkau yang relatif tak terbatas. Penelitian ini merupakan analisis terhadap blog yang digunakan oleh para caleg sebagai media kampanye menghadapi Pemilihan Umum Legislatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kandungan pesan yang termuat pada blog milik para caleg sebagai media kampanye. Analisis dilakukan berdasarkan parameter yang ditetapkan sesuai perspektif teori ilmu komunikasi politik, terhadap kandungan/isi (content) dari blog-blog yang dipilih secara acak. Penelitian ini menghasilkan satu luaran berisi hasil evaluasi penggunaan blog sebagai media kampanye para caleg pada Pemilu Legislatif 2009.

References

Hasan, M. Iqbal, 2002, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Edisi Pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta

Islandscript, 2009, Gampang Nge-Blog dengan Blogspot, Edisi Pertama, Elex Media Komputindo, Jakarta

Nimmo, Dan, 2005, Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media, Edisi Keenam, Rosdakarya, Bandung

Nurudin, 2002, Komunikasi Propaganda, Edisi Kedua, Rosdakarya, Bandung

Pawito, 2009, Komunikasi Politik: Media Massa Dan Kampanye Pemilihan, Edisi Pertama, Jalasutra, Yogyakarta

Shelly and Cashman, Vermaat, 2007, Discovering Computers: Fundamentals, 3th ed., Salemba Infotek, Jakarta

Sumber dari internet:

Elok Dyah Messwati, 20 April 2009, Jumlah Caleg Stres Bakal Ratusan Ribu,

http://www.kompas.com/read/xml/2009/04/20/21421953/jumlah.caleg.stres.bakal.ratusan.ribu. , tanggal akses 12 April 2009

M. Zaid Wahyudi, 25 November 2008, Pemilu 2009: Jumlah Pemilih 171.068.667 Orang, http://www.kompas.com/read/xml/2008/11/25/01424854/pemilu.2009..jumlah.pemilih.171.068.667.orang, tanggal akses 3 April 2009

Published

2015-07-06

Issue

Section

Seminar Nasional Informatika 2008