EXPERT SYSTEM DENGAN BEBERAPA KNOWLEDGE UNTUK DIAGNOSA DINI PENYAKIT-PENYAKIT HEWAN TERNAK DAN UNGGAS

Agus Sasmito Aribowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lebih lanjut sistem pakar dengan beberapa knowledge yang pernah dikembangkan sebelumnya, Domain penelitian dikembangkan diharapkan dapat membantu peternak dalam mendiagnosa penyakit pada hewan ternak dan unggas dengan satu buah sistem. Sistem pakar yang dirancang memiliki beberapa basis pengetahuan yang dapat menjadi solusi bagi para peternak karena umumnya para peternak memiliki beberapa jenis binatang ternak secara bersama-sama dalam satu lokasi peternakan..

Target penelitian adalah terwujudnya model sistem pakar yang lebih baik yang memiliki beberapa basis pengetahuan (knowledge) untuk mendiagnosa secara dini penyakit pada hewan ternak dan unggas, diantaranya membantu diagnosa penyakit kambing, ikan lele, dan ayam. Karena diagnosa dilakukan untuk masa dini maka sistem pakar diberi kemampuan untuk menalar penyakit apakah yang terjadi pada seekor ternak dan unggas walaupun belum semua gejala penyakit tersebut dapat terlihat jelas.

Hasil penelitian adalah sebuah sistem pakar yang lebih sempurna dengan beberapa knowledge. Metode inferensi menggunakan pendekatan forward chaining. Sistem pakar dilengkapi dengan manajemen ketidak pastian menggunakan Probabilitas Bayes sehingga sistem tetap dapat memberikan hasil kesimpulan walaupun  fakta yang dimasukkan oleh pengguna tidak lengkap.


References


Aribowo, A. S. dan Khomsah, S., 2011, Sistem Pakar Dengan Beberapa Knowledge Base Menggunakan Probabilitas Bayes Dan Mesin Inferensi Forward Chaining. Prosiding Semnasif ISSN : 1979-2328 Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta

Giarratano, J., and Riley, G., 1993, Expert Systems : Principles and Programming, PWS Publishing Company, Boston.

Ian H. Witten, Eibe Frank, Mark A. Hall, Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques (Third Edition), Morgan Kaufmann, 2011

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelligence, Graha Ilmu : Yogyakarta.

Pal, S K. And Shiu, S. C.K., Foundations of Soft Case Based Reasoning. Willey & Sons, Inc. Canada. pp 64 – 67. 2004.

Turban, E, and E. Aronson, J, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Pearson Education, inc, New Jersey.

Watson, Ian, 1997, Applying Case Based Reasoning : Techniques for Enterprise System, Morgan Kauffman, California.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.