PEMANFAATAN DAN IMPLEMENTASI LIBRARY XMLSEC UNTUK KEAMANAN DATA PADA XML ENCRYPTION

Ari Muzakir

Abstract


Keamanan menjadi hal yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi. Apalagi dalam hal pertukaran data menggunakan jalur internet. XML (eXtensible Markup Language) adalah sebuah standar untuk mendefinisikan data dalam format yang sederhana dan fleksibel. Dimana  web service mendukung komunikasi antar aplikasi dan integrasi aplikasi dengan menggunakan  XML dan Web. Bentuk pengamanan yang diterapkan adalah dengan penggunaan teknik kriptografi kunci-publik. Implementasi yang telah dilakukan dengan menggunakan library keamanan akan memberikan kemudahan dalam membangun keamanan sistem. XML Encryption yang memanfaatkan algoritma kriptografi RSA dengan panjang kunci 1024 bit mampu memberikan perlindungan terhadap transmisi data antara client dan server web service sampai pada database. Hasil yang diperoleh yaitu pesan SOAP request terenkripsi dan mampu didekripsi dengan baik serta keamanan data tetap terjaga dengan menggunakan library XMLSEC.


References


Rakhim, R ,2010, Keamanan Web Service Menggunakan Token, Tesis S2 Magister Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Adriansyah, W. Arifandi, dan, N. Wicaksono ,2005, Keamanan Web Service, Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Kenali, Erwin ,2010, Implementasi Web Service untuk Integrasi Data Satuan Reserse Kriminal (Studi Kasus Polda Lampung), Tesis S2 Magister Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Supriyanto, Aji, 2007, Otentikasi Dokumen XML menggunakan Algoritma RSA dan Hash SHA-1, Tesis S2 Magister Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hartono,Budi ,2003, Pemakaian kriptografi kunci publik dengan algoritma RSA untuk keamanan data XML, S2 Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.