EVALUASI KESUKSESAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENGELOLAAN TUGAS BELAJAR DI BPK

Tri Cahya Wisnu Groho, Wing Wahyu Winarno, Adhistya Erna Permanasari

Abstract


Penelitian ini melakukan evaluasi kesuksesan implementasi Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar (APTB) di
Badan Pemeriksa Keuangan diukur dari tingkat kepuasan dan manfaat yang dirasakan penggunanya. Model
penelitian mengadaptasi dan menggabungkan Technology Acceptance Model dan Information System Success
Model DeLone dan McLean yang diperbarui. Terdapat tujuh variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi,
kualitas layanan, kegunaan yang dirasakan, kemudahan yang dirasakan, kepuasan pengguna, dan manfaat-
manfaat bersih. Evaluasi dilakukan dengan menguji apakah kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas
layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kegunaan yang dirasakan dan kemudahan yang dirasakan,
yang selanjutnya akan mempengaruhi kepuasan pengguna serta menguji apakah kepuasan pengguna
berpengaruh terhadap manfaat-manfaat bersih. Penelitian dilakukan dengan menganalisis hasil kuesioner yang
terkumpul dari 90 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan
perangkat lunak SmartPLS. Hasil analisis dengan tingkat keyakinan 90% menunjukkan bahwa kualitas sistem
berpengaruh signifikan terhadap kemudahan yang dirasakan, tetapi tidak berpengaruh terhadap kegunaan yang
dirasakan. Kualitas informasi berpengaruh terhadap kegunaan yang dirasakan dan kemudahan yang dirasakan.
Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kegunaan yang dirasakan, tetapi tidak berpengaruh terhadap
kemudahan yang dirasakan. Kemudahan yang dirasakan mempengaruhi secara signifikan kegunaan yang
dirasakan. Kegunaan yang dirasakan dan kemudahan yang dirasakan mempengaruhi secara signifikan
kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna mempengaruhi secara signifikan manfaat-manfaat bersih. Selain
itu, didapatkan evaluasi kesuksesan implementasi APTB yang belum sepenuhnya memenuhi harapan pengguna.


References


Adams, D. A., Nelson, R. R., & Todd, P. A. (1992). Perceived Usefulness, Ease of Use, and Usage of

Information Technology: A Replication. MIS Quarterly, 16(2), 227–247.

Ahn, T., Ryu, S., & Han, I. (2007). The impact of Web quality and playfulness on user acceptance of online

retailing. Information & Management, 44(3), 263–275.

Cheong, J. H., & Park, M.-C. (2005). Mobile Internet Acceptance in Korea, 15(2), 125–140.

doi:10.1108/10662240510590324

Davis, F. D. (1985). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-user Information

Systems: Theory and Results. Massachusetts Institute of Technology.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information

Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Davis, F. D. (1993). User Acceptance of Information Technology: System Characteristics, User Perceptions and

Behavioral Impacts. Int. J. Man-Machine Studies, 38(3), 475–487.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable.

Information Systems Research, 3(1), 60–95.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A

Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.

Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information Systems, 3(1),

–51.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (3rd

ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Adams, D. A., Nelson, R. R., & Todd, P. A. (1992). Perceived Usefulness, Ease of Use, and Usage of

Information Technology: A Replication. MIS Quarterly, 16(2), 227–247.

Ahn, T., Ryu, S., & Han, I. (2007). The impact of Web quality and playfulness on user acceptance of online

retailing. Information & Management, 44(3), 263–275.

Cheong, J. H., & Park, M.-C. (2005). Mobile Internet Acceptance in Korea, 15(2), 125–140.

doi:10.1108/10662240510590324

Davis, F. D. (1985). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-user Information

Systems: Theory and Results. Massachusetts Institute of Technology.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information

Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Davis, F. D. (1993). User Acceptance of Information Technology: System Characteristics, User Perceptions and

Behavioral Impacts. Int. J. Man-Machine Studies, 38(3), 475–487.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable.

Information Systems Research, 3(1), 60–95.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A

Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.

Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information Systems, 3(1),

–51.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (3rd

ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Seddon, P. B. (1997). A Respecification and Extension of the DeLone and McLean Model of IS Success.

Information Systems Research, 8(3), 240–253.

Segars, A. H., & Grover, V. (1993). Re-examining Perceived Ease of Use and Usefulness. MIS Q., 17(4), 517–

Shih, H.-P. (2004). An Empirical Study on Predicting User Acceptance of e-Shopping on the Web. Information

& Management, 41(3), 351–368.

Wixom, B. H., & Todd, P. A. (2005). A Theoretical Integration of User Satisfaction and Technology

Acceptance. Information Systems Research, 16(1), 85–102.

Yusof, M. M., Paul, R. J., & Stergioulas, L. K. (2006). Towards a Framework for Health Information Systems

Evaluation. In Proceedings of the 39th Annual Hawaii International Conference on System Sciences,

HICSS ’06 (Vol. 5, p. 95a–95a).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.