PERANCANGAN GAME TURN BASED STRATEGY MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DAN NAIVE BAYES CLASSIFIER

Dery Fathurochman, Wina Witanti, Rezky Yuniarti

Abstract


Pengembangan NPC (Non Player Character) pada game strategi berbasis giliran (Turn Based Strategy) dengan
menggunakan sistem kecerdasan buatan dapat membuat pengambilan keputusan berupa aksi penyerangan yang
dilakukan NPC menjadi lebih otonom dan memiliki perilaku yang mengadopsi nalar manusia. Logika fuzzy
merupakan cabang dari sistem kecerdasan buatan, dapat merepresentasikan kecerdasan manusia berdasarkan
pada perubahan kondisi lingkungan yang dihadapi. Penerapan logika fuzzy Sugeno untuk pengambilan
keputusan yang dilakukan NPC dalam game, mengacu pada aturan-aturan yang direpresentasikan dalam
parameter input pada proses logika fuzzy, dimana melalui proses perhitungan matematis sederhana dan
menghasilkan suatu konstanta yang mewakili atribut NPC berupa nilai kekuatan serang. NPC prajurit dalam
game memiliki status yang akan dijadikan output fuzzy yaitu kekuatan serang dengan parameter input variabel
fuzzy yaitu nyawa (healthy point) dan stamina pada karakter maupun NPC. Pengklasifikasian strategi
penyerangan musuh oleh NPC didalam game menggunakan klasifikasi Naive Bayes yang menggunakan atribut
masukan berupa kekuatan serang dan kekuatan bertahan pada karakter dan NPC, menghasilkan suatu kelas
dengan bobot terbesar dari tiga kelas kandidat atau target yang merepresentasikan suatu aksi penyerangan
yaitu menyerang dengan pisau, senapan atau melempar dengan granat. Berdasarkan pengujian yang telah
dilakukan, penerapan metode logika fuzzy dan Naive Bayes pada game Turn Based Strategy dapat menghasilkan
nilai kekuatan serang dan jenis serangan yang sesuai untuk pengambilan keputusan yang dilakukan NPC pada
saat melakukan penyerangan terhadap karakter.


References


Daryatni, Tri., Siti Asmiatun, Latius Hermawan, “Strategi Menyerang Jarak Dekat Menggunakan

Klasifikasi Bayesian Pada NPC (Non Player Character)”. Seminar Nasional Teknologi

Informasi & Komunikasi Terapan 2013 (Semantik 2013) ISBN: 979-26-0266-6, Semarang,

November 2013.

Purba, Kristo Radion., Rini Nur Hasanah, dan M. Azis Muslim. "Implementasi Logika Fuzzy Untuk

Mengatur Perilaku Musuh dalam Game Bertipe Action-RPG". Jurnal EECCIS Vol. 7, No. 1,

Juni 2013

Saputra, Fitra Raditya. dan Imam Kuswardayan, “Implementasi Adaptive AI Untuk Unit Behaviour Dalam

Turn Based Strategy Battle System Pada Mmorpg Maling Hunter”. Jurnal Masyarakat

Informatika 2012, Volume 2, Nomor 4, ISSN 2086 – 4930.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.