PEMANFAATAN GOOGLE TRENDS DALAM PENENTUAN KATA KUNCI SEBUAH PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PELAKU BISNIS DI DUNIA INTERNET

Authors

  • Andi Dwi Riyanto Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto

Abstract

Internet dalam dunia bisnis telah berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik
menjadi alat penentu strategi dalam bisnis di dunia internet seperti pemasaran dan penjualan. Sehingga pelaku
bisnis pada internet harus cerdas memanfaatkan peluang yang ada. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam
memasarkan produk yaitu penentuan strategi dalam pemilihan kata kunci yang digunakan dalam penulisan
promosi. Pemilihan kata kunci dapat dilakukan menggunakan mesin pencari Google sebagai pencatat pencarian
untuk menentukan kata kunci yang sering digunakan oleh pencari produk/pengguna internet. Google Trends
dapat dimanfaatkan untuk mencari kata kunci alternatif dengan melihat perbandingan antara kata kunci satu
dengan yang lain, mana yang lebih banyak digunakan oleh pengunjung pada saat mencari sebuah produk.
Selain penggunaan kata kunci dalam melakukan promosi, kota target juga merupakan hal yang penting yang
wajib diketahhui oleh pelaku usaha. Dengan menggunakan Google Trends permasalahan-permasalahan
tersebut akan dapat diselesaikan sehingga pelaku usaha dapat menaikkan daya saingnya.

Author Biography

Andi Dwi Riyanto, Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto

Telematika

References

Ibrahim, Indra, 2013, Google Trends, Apa Itu Google Trend ?, March 2013, http://eproduk.com/wiki/google-

trends-apa-itu-google-trend

Kartowagiran, 2005, Dasar-dasar Penelitian Tindakan, Papper, Fak. Teknik Univ. Negeri Yogyakarta,

Yogyakarta

Nielsen, 2007, Saham Pencarian Agustus 2007 untuk Mesin Pencari 10 Teratas, http://rankabove.com/p/top-10-

search-providers-august-2007/, diakses pada 26 Oktober 2007

Pressmasn, S. Roger, 2010, Software Engineering:Seventh Edition, McGraw-Hill,

Spais, S.George, 2010, Search Engine Optimization (SEO) as a dynamic online promotion technique: the

implications of activity theory for promotion managers, Volume 6, Issue 1, Innovative Marketing, pp 7-24

Yuliana, Oliviani Yenti, 2000, Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis, Vol. 2, No. 1, Jurnal Akuntansi &

Keuangan Univ. Kristen Petra, Surabaya, pp 36 – 52

Published

2015-07-06

Issue

Section

Seminar Nasional Informatika 2008