Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Akibat Virus Menggunakan Teorema Bayes

Putri Taqwa Prasetyaningrum, Nuri Budi Hangesti

Abstract


Abstract
Skin is one of the most important organs in humans, because through the skin we can feel the feel and the surface of an object. If the skin is attacked, the disease may cause many consequences, such as from mild itching or to severe, the skin can not feel anything. Based on existing problems in the community created an application that can help people to recognize skin diseases suffered, so the level of awareness will keep the cleanliness higher, namely the application of expert system of viral skin disease using bayes theorem. In this research will be designed a system using method bayes theorem this expert system will be able to produce a diagnosis of skin diseases and treatment that needs to be done. With this application of course can help people to recognize the illnesses that have been allegedly allegedly to refer to injured. Based on 20 data that have been tested against experts and systems, for patients affected by viral skin diseases were 17 patients and those not infected were 3 patients. As for the suitability of testing between the validation results of experts (doctors) and the system, obtained percentage of 85%.
Keywords: Skin diseases, Expert system, Teorema Bayes.
Abstrak
Kulit adalah salah satu organ terpenting pada manusia, karena melalui kulit kita dapat merasakan rasa dan permukaan sebuah benda. Apabila kulit terserang penyakit maka akan banyak akibat yang akan ditimbulkannya, mulai dari yang ringan yaitu terasa gatal atau sampai yang berat yakni kulit tidak dapat merasakan apapun. Berdasarkan permasalahan yang ada di dalam lingkungan masyarakat diciptakan suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat untuk dapat mengenali penyakit kulit yang diderita, sehingga tingkat kesadaran akan menjaga kebersihan makin tinggi, yakni aplikasi sistem pakar penyakit kulit akibat virus. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah sistem menggunakan metode Teorema Bayes. Sistem pakar ini nantinya dapat menghasilkan diagnosa penyakit kulit serta pengobatan yang perlu dilakukan. Dengan adanya aplikasi ini tentunya bisa membantu masyarakat mengenali penyakit yang dideritanya sehingga tersadar untuk merujuknya ke dokter ahli. Berdasarkan 20 data yang telah diujikan terhadap pakar dan sistem, untuk pasien yang terkena penyakit kulit akibat virus adalah 17 pasien dan yang tidak terkena infeksi adalah 3 pasien. Sedangkan untuk kesesuaian pengujian antara hasil validasi pakar (dokter) dan sistem, diperoleh tingkat persentase keberhasilan sebesar 85%.
Kata Kunci : Penyakit kulit, Sistem Pakar, Teorema Bayes.

 

Keywords


Penyakit kulit; Sistem Pakar; Teorema Bayes.

Full Text:

PDF

References


Anggara, G., Pramayu, G., & Wicaksana, A. (2016). Membangun Sistem Pakar Menggunakan Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Paru-Paru. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, (pp. 3.5-79-3.5-84). Yogyakarta.

Chandra, Y. I., & Kosdiana. (2013). Aplikasi Tablet Pc Untuk Mendeteksi Penyakit Kulit Menggunakan Metode Fuzzy Decision Making (FDM). Jurnal Cybermatika.

Graham-Brown, R., & Burns, T. (2005). Lecture Notes Dermatologi (8 ed.). Jakarta: Erlangga.

Harahap, M. (2000). Ilmu Penyakit Kulit. Jakarta: Hipokrates.

Nugroho, A. K., & Wardoyo, R. (2013). Sistem Pakar Menggunakan Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Kehamilan. Berkala MIPA, 247-254.

Nuraeni, F., Agustin, Y. H., & Yusup, E. N. (2016). Aplikasi Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Menggunakan Metode Forward Chaining di Al Arif Skin Care Kabupaten Ciamis. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, (pp. 3.4-(55-60)). Yogyakarta.

Rahayani, L. D. (2006). Asuhan Keperawatan Klien Ganguan Sistem Integumen. Jakarta: EGC.

Sutojo, T., mulyanto, E., & suhartono, V. (2011). kecerdasan buatan. yogyakarta: ANDI.

Wahyudi, M. J., & Fadlil, A. (2013). Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Udang Galah Dengan Metode Teorema Bayes. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 12-20.




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v15i2.3128

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v15i2.3128.g2458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika