Strategi Pengembangan Usaha Agribisnis Melon pada CV FLOS Hidroponik Organik di Desa Bansari Kabupaten Temanggung

Authors

  • Syilvia Sifaurrochmah Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Nanik Dara Senjawati Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v4i2.15625

Keywords:

Faktor Eksternal, Faktor Internal, Melon Hidroponik, Strategi Pengembangan Usaha

Abstract

CV FLOS Hidroponik Organik merupakan usaha pertanian modern yang membudidayakan melon hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal, (2) menganalisis alternatif strategi pengembangan usaha, (3) menentukan strategi prioritas pengembangan usaha. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif berdasarkan studi kasus. Penentuan responden dilakukan secara purposive. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan FGD, wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan IFE, EFE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor lingkungan internal meliputi kekuatan utama yaitu terdapat perencanaan usaha; saluran distribusi yang pendek; serta telah melakukan quality control. Sedangkan kelemahan utamanya yaitu belum mempunyai sistem informasi manajemen. Faktor lingkungan eksternal terdiri dari peluang utama yaitu ketersediaan air bersih yang memadai, sedangkan ancaman utamanya yaitu pesaing yang menghasilkan buah melon dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik, (2) Alternatif strategi pengembangan usaha yaitu mempertahankan dan meningkatkan standar kualitas melon; memperbanyak layanan edukasi melon yang kreatif dan inovatif; serta menambah tenaga kerja dan menjalin mitra kelompok tani lokal, (3) Strategi prioritas yang tepat untuk pengembangan usaha CV FLOS Hidroponik Organik yaitu mempertahankan dan meningkatkan standar kualitas melon.

References

Abdurrahman, A., Hamdani, H., & Yanti, N. D. (2023). Analisis Usahatani Melon (Cucumis Melo L.) Di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Frontier Agribisnis, 7(1), 63-72.

Adiaksa, A., & Abadi, S. (2022). Strategi Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Sumber Waras Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Investama: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 45–56.

Agustinus, A. (2017). Strategi Intensif Untuk Pertumbuhan Persaingan Di Classico Jersey. Jurnal Logistik Bisnis, 7(1), 24–36.

Arianti, Y. S., & Waluyati, L. R. (2019). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Merah Di Kabupaten Madiun. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 256–266.

Awaliya, E., Suhendri, N., Sibarani, T. P., Wildani, L. N., Zabrina, F. S., & Anantia, R. (2023). Analisis Lingkungan Bisnis Internal dan Eksternal PT Nestle Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1525–1534.

Azizah, N., Kusnandar, K., & Sundari, M. T. (2024). Strategi Pengembangan Komoditi Paprika (Capsicum annuum L) Pada Kelompok Tani Sri Rejeki Di Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(1), 40–50.

Budiwansah, M. (2021). Pengaruh Air Ekstrak Limbah Udang dan Nutrisi AB Mix terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pagoda (Brassica narinosa) dengan Ssistem Budidaya Hidroponik Sistem Sumbu (wick). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 1(1), 31–40.

Fred, R. D., & David, F. R. (2016). Manajemen Strategik Edisi 15. Jakarta Selatan: Selemba Empat.

Harefa, R. H., & Gunawan, H. (2024). Perancangan Smart Agriculture System Berbasis Internet of Things. Digital Transformation Technology, 4(1), 79–86.

Hernawan, Y., & Musafa, S. W. K. D. (2020). Pengembangan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis SWOT Di Perkebunan Kopi Palasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR, 3, 14–28.

Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469.

Lingga, R. M., Mukti, A., & Wardie, J. (2018). Strategi Pengembangan Usahatani Sayuran Di Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya. Journal Socio Economics Agricultural, 13(1), 64–78.

Padang, M. A. T., Viantika, N. M., & Bakri, R. (2024). Strategi Pengembangan Usahatani Alpukat Di Kecamatan Baruppu’kabupaten Toraja Utara. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(1), 1–16.

Prasasti, L., & Feranika, A. (2024). Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Formulasi Matrik SWOT dan Metode QSPM. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(3), 680–686.

Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode SWOT Dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’gruz Caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot Rating Dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rini, A. D., & Amaliyah, A. (2019). Strategi Pengembangan Agribisnis Jamur Timur Wujud Penguatan Ekonomi Lokal. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 3(2), 311–324.

Safitri, A. N., & Arbainah, S. (2023). Perumusan Strategi Usaha Menggunakan IFE, EFE, IE, SWOT, Dan QSPM. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 13(1), 25–38.

Sari, A. F. C., & Wachjar, A. (2023). Manajemen Budidaya Mentimun dan Sistem Irigasi dalam Rumah Kaca di Tuinderij Hoevekestein, Belanda. Buletin Agrohorti, 11(3), 358–367.

Sobir, F., & Siregar, D. (2010). Budidaya Melon Unggul. Penebar Swadaya.

Sundari, N. (2020). Buku Teks Agribisnis Tanaman Hortikultura. Qahar Publisher.

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Sifaurrochmah, S., & Senjawati, N. D. (2025). Strategi Pengembangan Usaha Agribisnis Melon pada CV FLOS Hidroponik Organik di Desa Bansari Kabupaten Temanggung. Journal of Agricultural Social and Business, 4(2), 133–145. https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v4i2.15625