Pengaruh Varian Rasa, Informasi Produk, Bentuk Produk, Harga dan Aroma Susu Kambing terhadap Preferensi Konsumen CV Bumiku Hijau

Authors

  • Arfin Setyaningsih Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Indah Widowati Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v4i2.15626

Keywords:

Atribut Produk, Preferensi Konsumen, Regresi Linier Berganda, Susu Kambing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen susu kambing di CV Bumiku Hijau. 2) menganalisis pengaruh varian rasa, informasi produk, bentuk produk, harga, dan aroma susu kambing terhadap preferensi konsumen di CV Bumiku Hijau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei serta penentuan lokasi dilakukan dengan purposive dan pengambilan sampel secara accidental sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk menguraikan karakteristik konsumen, sedangkan analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis pengaruh varian rasa, informasi produk, bentuk produk, harga, dan aroma. Hasil dari penelitian ini menunjukkan karakteristik responden meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, domisili, penghasilan, kelompok referensi, motivasi pembelian, dan gaya hidup. Selain itu, 98,7% preferensi konsumen susu kambing bumiku hijau dipengaruhi oleh varian rasa, informasi produk, bentuk produk, harga dan aroma. Secara individu varian rasa, informasi produk, bentuk produk, harga, dan aroma berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen susu kambing di CV bumiku hijau. Temuan ini menjadi dasar bagi perumusan strategi pemasaran yang menekankan pada inovasi produk, transparansi informasi, desain produk, penetapan harga yang kompetitif dan optimalisasi aroma sebagai daya tarik produk.

References

Afrizal, Amin, M., Adisuoutra, Nadia, Firdaus, R., Wargianto, Radiansyah, A., Hidayati, N., Hamdan, Juhari, dan Hujardi. (2022). Pengantar Bisnis. JakaPublica Indonesia Utama.

Andika, M., Rasdiansyah, & Yusriana. (2023). Analisis Preferensi Terhadap Produk Minuman Kopi Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (Pada Sabi Coffee Space di Kota Langsa) (Preference Analysis for Coffee Drink Products Using the Multi-Objective Optimization M. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 8(3), 2023.

Anggraeni, E. D., Hidayat, S. I., & Amir, I. T. (2021). Persepsi Dan Minat Masyarakat Terhadap Konsumsi Susu. SEA, 10(01), 41–49.

Bir, C., Widmar, N. O., Wolf, C., & Delgado, M. S. (2019). Traditional attributes moo-ve over for some consumer segments: Relative ranking of fluid milk attributes. Appetite, 134(October), 162–171. https://doi.org/10.1016/j.appet.2018.12.007.

Brige, D. (2020). Goat Milk Market – Global Market Size, Share, and Trends Analysis Report – Industry Overview and Forecast to 2032 | Data Bridge Market Research. https://www.databridgemarketresearch.com/reports/global-goat-milk-market.

Kotler, P., Keller, K. L., Chernev, A., Sheth, J. N., & G. Shainesh. (2022). Marketing Management Indian Case Studies Included (16th Edition).

Milareva, H. A., Handayani, S., & Barokah, U. (2023). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Susu Sapi Segar di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(1), 292. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.26.

Nadja, R. A., Halimah, A. S., dan Hikmawaty. (2023). Preferensi konsumen Terhadap Pangan. Penerbit NEM.

Romadhoningrum, G. R., & Santosa, S. B. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Promosi Penjualan, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang Dimediasi Oleh Preferensi dan Minat Beli Konsumen. Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1.

Safira, V., Sudiyarto, S., & Widayanti, S. (2018). Analisis Segmentasi Pasar Demografis Produk Susu Cair Kemasan Kotak (Studi Kasus Di Giant Hypermarket Maspion Surabaya). Berkala Ilmiah AGRIDEVINA, 7(2), 170–179. https://doi.org/10.33005/adv.v7i2.2105.

Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen. Penerbit Ghalia Indonesia.

Usman, Umar, F., dan Ruslang. (2022). Gizi dan Pangan Lokal. PT Global Eksekutif Teknologi.

Widiarti, D. (2024). Sistem Informasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Klaster. CV Intelektual Manifes Media.

Xi, Y., Zhao, T., Liu, R., Song, F., Deng, J., & Ai, N. (2023). Assessing Sensory Attributes and Properties of Infant Formula Milk Powder Driving Consumers’ Preference. Foods, 12(5), 1–12. https://doi.org/10.3390/foods12050997.

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Setyaningsih, A., & Widowati, I. (2025). Pengaruh Varian Rasa, Informasi Produk, Bentuk Produk, Harga dan Aroma Susu Kambing terhadap Preferensi Konsumen CV Bumiku Hijau. Journal of Agricultural Social and Business, 4(2), 99–107. https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v4i2.15626