Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Rebus Robusta Merapi

Authors

  • Ainaya Alfatihah Fikrulhaq Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Indah Widowati Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Budiarto Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v4i2.15654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi konsumen, pengetahuan produk, kelompok acuan, lingkungan dan situasi konsumen, serta keputusan pembelian terhadap kopi rebus robusta Merapi di Warung Kopi Merapi, (2) menganalisis pengaruh persepsi konsumen, pengetahuan produk, kelompok acuan, serta lingkungan dan situasi konsumen terhadap keputusan pembelian kopi rebus robusta Merapi di Warung Kopi Merapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sampel ditentukan melalui accidental sampling sebanyak 60 responden, dengan analisis deskriptif dan regresi linier berganda sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Konsumen menilai positif kualitas rasa dan harga kopi rebus robusta Merapi, memiliki pengetahuan baik tentang produk, serta dipengaruhi kelompok acuan melalui rekomendasi dan pengalaman bersama. Lingkungan dan situasi, seperti suasana dan kenyamanan warung, juga berperan, sementara keputusan pembelian didorong oleh keyakinan, pengalaman, dan kepuasan terhadap kopi rebus robusta Merapi, (2) Persepsi konsumen, pengetahuan produk, kelompok acuan, serta lingkungan dan situasi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian kopi rebus robusta Merapi di Warung Kopi Merapi.

References

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi-9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iba, Zainuddin dan Wardhana, Aditya. (2023). Metode Penelitian. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P., dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT : Indeks.

Kotler dan Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran Edisi Keenam. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku konsumen: teori dan peranannya dalam pemasaran. (2 Ed). Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Ahmad Yani, Rusno, dan Iva Nurdiana Nurfarida. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Kaowa Koffie Wajak-Malang. Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM): Volume 7, Nomor 2.

Annisa, I. T., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh keterlibatan dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian jamu masuk angin kemasan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 122–137.

Ayuni, Denisa Putri dan Aulia, Pramitha. (2022). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi dan Manajemen URINDO. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/administrasimanajemen/index.

Erlan Geofanny. (2020). Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus : Bumi Kayom Langit Senja Coffee Salatiga). Agroinfo Galuh : Volume 7 Nomor 2, Mei 2020, 441- 454.

Pratiwi, Bela Febriana Nur dan Renny Dwijayanti. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Ruang Temu Kabupaten Tulungagung). JPTN. Volume 9 No 3 Tahun 2021.

Sudarsono, A. T., & Rum, M. (2021). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kopi pada Kedai Sehari Sekopi Sidoarjo. Jurnal Agriscience, Vol. 2, No. 2, 408-427.

United States Department of Agriculture (USDA). (2023). Indonesia Coffee Annual Report 2023. USDA Foreign Agricultural Service. Retrieved from https://www.fas.usda.gov.

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Fikrulhaq, A. A., Widowati, I., & Budiarto. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Rebus Robusta Merapi. Journal of Agricultural Social and Business, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v4i2.15654