PENDAMPINGAN PRODUKSI KONTEN DIGITAL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT EKONOMI KREATIF DI DESA DAYUN

Authors

  • Ringgo Eldapi Yozani Universitas Riau
  • Rumyeni
  • Welly Wirman
  • Nurul Mustaqimmah
  • Lintang Arum Bagasati

Keywords:

Konten Digial, Ekonomi Kreatif, Desa Dayun

Abstract

Konten menjadi salah satu cara paling efektif dalam menyampaikan pesan kepada khalayak. Konten memainkan peranan penting dalam memenuhi kebutuhan akan informasi khalayak. Pembuatan konten konten digital tersebut dapat menjadi cara kreatif untuk meningkatkan dan mendorong sumber daya yang ada di masyarakat. Seperti desa Dayun yang pada tahun 2022 menjadi percontohan desa kreatif Nasional. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dalam programnya desa kreatif telah memilih Desa Dayun sebagai desa percontohan. Tingginya potensi Desa Dayun di siak ini membuat pengabdian yang akan dilakukan menjadi relevan karena dalam upaya pengembangan program pemberdayaan masyarakat ekonomi kreatif tentu akan menghadapi beberapa tantangan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi digital seperti pembuatan konten kreatif. Tim pengabdian dari Universitas Riau akan turun untuk membantu memberikan solusi bagaimana membuat konten dari pemanfaatan media digital sehingga dapat membantu masyarakat desa Dayun dalam meningkatkan visibilitas, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan. Penggunaan literasi digital dan platform seperti Canva dan Capcut. Kegiatan pengabdian ini akan menghasilkan luaran berupa publikasi artikel dalam jurnal akreditasi nasional Sinta 6, publikasi kegiatan pengabdian pada media online, video dokumentasi kegiatan yang dipublikasikan pada youtube fakultas, dan laporan akhir pengabdian. Diharapkan bahwa kegiatan pengabdian ini akan membantu Masyarakat di Desa Dayun Kabupaten Siak dapat mengubah ekonomi lokal dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Dengan meningkatkan kapasitas dan keterampilan digital mereka, Masyarakat tidak hanya akan mampu bersaing di pasar lokal dan nasional, tetapi juga akan membantu menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat lainnya. Pada akhirnya, tujuan dari program ini adalah untuk membangun ekosistem masyarakat ekonomi kreatif yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Siak dalam jangka panjang

References

BarNir, A., Gallaugher, J. M., & Auger, P. 2003. Business process digitization, strategy, and the impact of firm age and size: The case of the magazine publishing industry. Journal of Business Venturing, 18(6): 789-814.

Bharadwaj, P. N., & Soni, R. G. 2007. E-commerce usage and perception of e-commerce issues among small firms: Results and implications from an empirical study. Journal of Small Business Management, 45(4): 501-521.

Davis, Charles H & Shaw, Debora. 2011. Introduction to Information Science and Technology. New York: Medford Information Today.

Delloite. 2015. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen Pertumbuhan Bangsa [Online]. Tersedia pada http://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas- sme-powering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf [di akses pada 20 Februari 2020].

Partomo, Tiktik Sartika &Abd. Rachman Soejoedono. 2004. Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Potter, James W. 2005. Media Literacy. London: Sage Publication.

Rajendran, R., & Vivekanandan, K. 2008. Exploring relationship between information systems strategic orientation and small business performance. International Journal of E-Business Research, 4(2): 14-28.

Dynamic of Convergence: Reposisi Komunikasi dalam Dinamika Konvergensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Valentina, A., Rizal, M., & Hardiningtyas, R. T. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Media Sosial Tiktok. E-Journal Riset Manajemen, 12(2), 590–601.

We Are Social. 2016. Penggunaan Internet di Indonesia [online]. Tersedia pada: http://wearesocial.com/uk/special-report/digital -in-2016 [di akses pada 25 Agustus 2020]. Wymer, S., & Regan, E. 2005.

Additional Files

Published

21-08-2025

Issue

Section

Articles