ANALISIS KELAYAKAN USAHA WELDER BERKOLABORASI DENGAN TANAMAN HIAS DI KELURAHAN TIRTOSARI MALANG
Keywords:
Analisis Kelayakan Usaha, Welder, Tanaman HiasAbstract
Program pengembangan usaha "Welder Lancar Jaya" di Kelurahan Tirtosari, Malang, dirancang untuk meningkatkan keterampilan analisis usaha dan pemasaran digital melalui kolaborasi dengan usaha tanaman hias. Program ini menggabungkan pelatihan teknis dan manajerial, dengan fokus pada pengembangan keterampilan untuk pelaku usaha las dan tanaman hias melalui kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak. Hasil analisis kelayakan usaha menunjukkan R/C Rasio sebesar 3,3 dan B/C Rasio sebesar 2,3, yang mengindikasikan bahwa setiap biaya yang dikeluarkan menghasilkan penerimaan dan keuntungan yang signifikan. Ini menegaskan bahwa kolaborasi antara usaha las dan tanaman hias tidak hanya menguntungkan secara ekonomi tetapi juga memiliki potensi besar untuk pertumbuhan di masa depan. Program ini tidak hanya menawarkan keuntungan finansial tetapi juga berpotensi menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi komunitas setempat.
References
(1) Jasron, J. U.; Maliwemu, E. U. K.; Gusnawati, G. PENDAMPINGAN USAHA PENGELASAN BAGI PEMUDA RAYON V JEMAAT GMIT KOTA BARU KUPANG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 2023, 7 (2), 918–922. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14983.
(2) Kristanti, B. A. Analisis Peningkatan Pendapatan Usaha Pertanian Tanaman Hias Pada Era Pandemi Covid-19. JURNAL EKUIVALENSI 2021, 7 (2), 414–428. https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i2.609.
(3) Lestari et al.,. Pengembangan Sistem Pertanian Hidroponik pada Lahan Sempit Komplek Perumahan - Repository Unja. https://repository.unja.ac.id/17546/ (accessed 2024-08-01).
(4) Gazali et al.,. Meningkatkan Pendapatan Dengan Usaha/Bisnis di Masa Pandemi | Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia. https://journal.stmiki.ac.id/index.php/jpni/article/view/78 (accessed 2024-08-22).
(5) EBK, Z. I. ANALISIS PENDAPATAN USAHA PENJUALAN TANAMAN HIAS DI KOTA SURAKARTA | E.B.K | Agrista. https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/43335 (accessed 2024-08-22).
(6) Aswita, D. MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM): INVENTARISASI MITRA DALAM PELAKSANAAN MAGANG MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. Prosiding Biotik 2022, 9 (2), 56. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747.
(7) Ediyanto, E. PENDAMPINGAN PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA MAGANG MAHASISWA PADA USAHA RENGGINANG UD 3 BINTANG DI KAMPUNG GUMOK TENGAH, KABUPATEN SITUBONDO. mimbarintegritas 2023, 2 (1), 48. https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v2i1.2647.
(8) Masitoh, S.; Miftah, H.; Nahraeni, W.; Yoesdiarti, A.; Novita, I. IMPLEMENTASI MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) MENURUT PERSPEKTIF MAHASISWA AGRIBISNIS. J. AgribiSains 2021, 7 (2), 59–67. https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.5036.
(9) Wa Ode Sifatu. NASIB SENIMAN MURAL DAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI KOTA KENDARI. JCI 2021, 1 (2), 89–96. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i2.486.
(10) Widyastuti, F. K.; Fitri, A. C. K.; Saâ€TMdillah, M. APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM SAMBAL KEMASAN SAMBELâ€TMIN MAH DI MASA PANDEMI. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2022, 3 (2), 729–737. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1934.
(11) Prayogi et al.,. Pemberdayaan Digital Enterpreneurship Upaya Go Public Memperluas Jaringan Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Masyarakat di Kampung Nelayan. ihsan j.pengabdi masy 2021. https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8124.
(12) Solikhati et al.,. Pemberdayaan Digital Enterpreneurship Upaya Go Public Memperluas Jaringan Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Masyarakat di Kampung Nelayan. ihsan j.pengabdi masy 2021. https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8124.
(13) Suswadi et al.,. PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PEMUDA TANI KOMODITAS HORTIKULTURA | GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/ganesha/article/view/2698 (accessed 2024-08-23).
(14) Wiktasari et al.,. Penerapan digital marketing dalam upaya peningkatan omzet penjualan percetakan UFA Berkah | Wiktasari | KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. https://ejournals.itda.ac.id/index.php/KACANEGARA/article/view/1800 (accessed 2024-08-23).
(15) Yusuf, Y.; Christianingrum, C. Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM. jiip 2022, 5 (11), 4895–4898. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1093.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
