PELATIHAN MEDIA DIGITAL BERBASIS CANVA DI DESA RITAN BARU
Keywords:
Pelatihan Media Digital, Canva, Pemberdayaan Masyarakat, Desa WisataAbstract
Program Pelatihan Media Digital berbasis Canva di Desa Ritan Baru bertujuan mendukung pengembangan desa wisata berbasis potensi lokal melalui pemanfaatan teknologi digital, kolaborasi antar pihak, dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan promosi wisata dan kesejahteraan ekonomi secara berkelanjutan. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini berupa pelatihan berbasis praktik dengan pendekatan pelatihan, penyadaran, dan pendampingan, yang bertujuan meningkatkan kapasitas Masyarakat desa dalam memanfaatkan teknologi digital, seperti Canva, untuk mendukung pengembangan desa wisata, pemasaran produk lokal, dan pengelolaan informasi digital secara aplikatif. Media pelatihan digital berbasis Canva di Desa Ritan Baru dirancang untuk meningkatkan keterampilan desain visual peserta dari berbagai desa dan latar belakang, mendukung promosi potensi wisata secara optimal, serta dievaluasi melalui tes awal, praktik langsung, dan kuesioner untuk memastikan efektivitas dan relevansinya. Pelatihan Media Digital di Desa Ritan Baru pada 7 November 2024 berhasil meningkatkan keterampilan desain dan pembuatan konten peserta, dengan sebagian besar memberikan penilaian positif, meskipun terdapat kebutuhan akan sesi praktik lanjutan untuk memperkuat hasil pelatihan.
References
Farman, I., Hidayat, M. and Marela, L.A. (2024) ‘Analisis Penggunaan Aplikasi Canva dalam Peningkatan Kemampuan Desain Grafis Mahasiswa’, 1(April), pp. 22–30.
Lintang, I. (2024) 10 Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia 2024, Inilah.com. Available at:
https://www.inilah.com/data- pengguna-media-sosial-indonesia.
Lucia, R.H. et al. (2022) ‘Mempromosikan Kuliner Khas Kota Manado Pada Media Sosial Di Masa Tatanan Normal Baru’, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), pp. 1013–1021. Available at:
https://doi.org/10.35794/emba.v1 0i2.41308.
Mandala Putra, J. et al. (2022) ‘Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Manajemen Perusahaan: JUMPA, 1(2), pp. 1–
Available at: https://doi.org/10.30656/jumpa. v1i2.5230.
Maryani, E. et al. (2022) ‘Pelatihan Manajemen Media Digital Bagi Praktisi Media Lokal di Era
Digital’, Journal of Servite, 2(2), p.
Available at: http://dx.doi.org/10.37535/1040 02220221%0Ahttp://journal.lspr. edu/index.php/servite/article/vie w/459/201.
Munthe, A.P. (2015) ‘PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN:
Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat’, Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), p. 1. Available at: https://doi.org/10.24246/j.schola ria.2015.v5.i2.p1-14.
Nadhiroh, M.J. (2024) ‘ANALISIS PROGRAM PROMOSI YANG DILAKUKAN OLEH LARISSA AESTHETIC CENTER SERTA PERANAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENAIKKAN IMPULSE BUYING’, Αγαη, 15(1), pp. 37–48.
Nuraini, F. (2016) ‘Model Penyadaran Orangtua Menggunakan Pendekatan Interaksi Dalam Upaya Meminimalisir Terjadinya Kekerasan Pada Anak.’, Khazanah Pendidikan, X(1). Available at: http://jurnalnasional.ump.ac.id/i ndex.php/khazanah/article/view/ 1077.
Pemerintah Republik Indonesia (2020)
‘Undang-Undang Nomor 3 Tahun
’, Pemerintah Republik
Indonesia, (036360), p. article 112. Available at:
https://jdih.esdm.go.id/storage/d ocument/UU No. 3 Thn 2020.pdf.
Ristekdikti (2017) ‘Naskah Akademik Rancangan Undang Undang Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi’, Naskah Akademik, pp. 1–228.
Sudarmanto, E. (2020) Konsep Dasar Pengabdian Kepada
Pembangunan dan Pemberdayaan, Gastronomía ecuatoriana y turismo local. Yayasan Kita Menulis.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
