IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN “DEDIKASI DESA KALTIM" MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN BERKELANJUTAN DI DESA TANJUNG BATU
Keywords:
pendidikan, sosialisasi, desaAbstract
Program "Dedikasi Desa Kaltim" bertujuan untuk mengatasi tantangan pendidikan di Desa Tanjung Batu, dengan fokus pada literasi dan keterlibatan masyarakat. Inisiatif ini dilaksanakan oleh mahasiswa FISIP UNMUL, yang melibatkan metode pengajaran langsung dan sosialisasi interaktif untuk meningkatkan pengalaman pendidikan siswa sekolah dasar. Program ini dilaksanakan dari 12 hingga 16 September 2024, menargetkan siswa SD 013. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi dan minat belajar siswa, yang terlihat dari keterlibatan yang lebih baik selama kegiatan literasi. Program ini menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, membangkitkan antusiasme siswa terhadap pendidikan. Secara keseluruhan, inisiatif ini menunjukkan dampak positif pada masyarakat, menjembatani kesenjangan antara siswa dan sumber daya pendidikan.
References
Anggita, A. D., Subekti, E. E., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78-84.
Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43-56.
Khasanah, K. (2019). Peta konsep sebagai strategi meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(2), 152-164.
Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2-1), 88-102.
Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 185-194
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
