PEMBERDAYAAN GURU AGAMA UNTUK MEWUJUDKAN MADRASAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KEKERASAN SEKSUAL PELAJAR DI KABUPATEN BOJONEGORO
Keywords:
pemberdayaan, guru agama, mencegah kekerasan seksual.Abstract
Artikel ini membahas tentang pemberdayaan guru agama untuk mewujudkan madrasah ramah anak sebagai langkah pencegahan kekerasan seksual terhadap siswa di Kabupaten Bojonegoro. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kapasitas guru agama dalam mendidik dan menciptakan lingkungan madrasah yang aman untuk mendukung perkembangan anak secara holistik. Metode yang digunakan antara lain: sosialisasi, pelatihan, implementasi, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil dari pemberdayaan tersebut adalah peningkatan pemahaman guru akan peran penting dirinya dalam mencegah kekerasan seksual, dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama dan norma-norma sosial dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, para guru dilatih mengenai teknik pencegahan, deteksi dini dan respon yang tepat terhadap kasus kekerasan seksual di madrasah. Pemberdayaan ini diharapkan dapat mewujudkan madrasah yang tidak hanya fokus pada pengajaran agama saja, namun juga aman, nyaman, dan menunjang kesejahteraan psikis dan fisik siswa.References
Anggraeniko, L.S. and Wahyuni, H.A. (2023) ‘Mewujudkan Madrasah Aman dari Pelecehan Seksual bagi Anak melalui Pendidikan Masyarakat dan Edukasi Seksual’, JPUCIC: Jurnal Pengabdian UCIC, 2(1), pp. 1–11. Available at: https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/51%0Ahttps://jpucic.id/index.php/jpucic/article/download/51/37.
Cholili, R.N., Wulandari, S. and Kasiami, S. (2023) ‘Peran Stakeholder dalam Pencegahan Kekerasan Anak dan Pelecehan Seksual di Kabupaten Bojonegoro’, Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), pp. 2109–2119. Available at: https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i3.5964.
Hijriani, I., Yulidar and Luciana, L. (2023) ‘Pencegahan Kekerasan Seksual Di Lingkungan Madrasah’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 5(JUNI), pp. 207–212. Available at: http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM.
Khoiriyah, S., Shofiyuddin, A. and Azmi, A.R. (2024) ‘Optimalisasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Wondershare Quiz Creator’, J U R N A L S O L M A, 13(1), pp. 418–429.
Mahmudah, N. et al. (2024) ‘Hilirisasi Produk Olahan Anggur Laut untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Lamongan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), pp. 540–551. Available at: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i2.16891.
Shofiyuddin*, A., Mahmudah, N. and Ilmi, M.M. (2023) ‘Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Hasil Olahan Anggur Laut di Paciran Lamongan’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), pp. 1377–1384. Available at: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i5.15749.
Shofiyuddin, A. and Shofiyuddin, A. (2024) ‘PENDAMPINGAN GURU AGAMA ISLAM UNTUK MEWUJUDKAN INOVASI PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI INKLUSIF’, 3(02), pp. 170–178.
Sukmawati, N., Suprastiyo, A. and Rupiarsieh (2022) ‘Collaborative Governance Dalam Pencegahan Tindak Kekerasan Pada Anak Di Kabupaten Bojonegoro’, Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 6(2), pp. 24–36.
Triwati, A. and Aryaputra, M, I. (2022) ‘Kebijakan Hak Perempuan Korban Kekerasan Seksual Di Lembaga Pendidikan’, Humani (Hukum dan Masyarakat Madani), 12(2), pp. 380–389.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
