PEMBERDAYAAN UMKM WIKOBAR : PENGEMBANGAN FORMULA RASA UNIK DAN DESAIN VARIAN TOPPING GUNA OPTIMALISASI NILAI JUAL

Authors

  • Wahidyanti Rahayu Hastutiningtyas Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Cahyo Sasmito Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Karunia Setyowati Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Abstract

Pasar Klojen menjadi salah satu pasar yang banyak dikunjungi konsumen untuk membeli jajanan pasar, salah satu jajanan pasar yang ada yaitu wingko bakar yang menjadi salah satu mitra dari progran pengabdian. Program pengabdian yang dilaksanakan dengan “WIKOBAR” ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan daya saing prodak UMKM Wingko Bakar melalui pengembangan inovasi rasa dan varian topping lezat. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan inovasi produksi pada pelaku UMKM khususnya “WIKOBAR”. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Penyuluhan secara teori dan demontrasi pengaplikasian pembuatan wingko dan penambahan topping. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pengembangan rasa dan varian rasa seperti coklat, tiramisu, nangka, keju, pisang, nanas, strowberidan almond dapat meningkatkan minat konsumen dibandingkan sebelumnya yang tidak mengunakan varian rasa dilihat dari peningkatan pendapatan Umkm Wikobar meningkat 15-20% per periodenya.

Downloads

Published

02-12-2025

Issue

Section

Articles