PENGUATAN IDENTITAS LOKAL MELALUI DIGITALISASI DAN BRANDING PADA INDUSTRI FASHION ECOPRINT DI KAWASAN DESTINASI WISATA SUPER PRIORITAS BOROBUDUR
Abstract
Tujuan dari Penguatan Identitas Lokal Melalui Digitalisasi dan Branding Pada Industri Fashion Ecoprint di Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas Borobudur adalah untuk membangun dan memperkenalkan identitas lokal yang kuat melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan menggabungkan konsep eco print yang ramah lingkungan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan kesadaran akan produk fashion lokal yang mengusung nilai-nilai keberlanjutan dan pelestarian budaya. Digitalisasi dan branding yang efektif akan menjadi kunci dalam memperkenalkan produk ini ke pasar yang lebih luas, terutama kepada wisatawan yang mengunjungi Borobudur. Konsep penting dalam penguatan identitas lokal ini adalah digital branding, yang mencakup pembuatan dan pengelolaan citra produk di dunia digital, serta ecoprint sebagai elemen yang membedakan produk lokal dari yang lainnya. Dengan mengedepankan keberlanjutan dan keunikan produk lokal, seperti eco print yang terinspirasi dari budaya dan alam sekitar Borobudur, produk fashion dapat menarik perhatian pasar yang semakin sadar akan pentingnya keberlanjutan. Untuk mendukung tujuan tersebut, beberapa kegiatan utama yang dilaksanakan dalam program pengabdian masyarakat ini antara lain: (a) Branding Media Sosial, untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk fashion eco print, media sosial dikelola secara lebih profesional dan terencana, termasuk penggunaan platform seperti Instagram, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.(b) Pendaftaran Merek Dagang, pelaku usaha dibantu dalam proses pendaftaran merek dagang untuk melindungi identitas dan keunikan produk mereka, yang juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kesadaran masyarakat dan wisatawan terhadap produk fashion ecoprint lokal, meningkatnya penjualan melalui platform digital, serta terbentuknya ekosistem digital yang mendukung pemasaran dan branding produk lokal secara berkelanjutan. Luaran kegiatan ini adalah Artikel prosiding pada seminar Nasional, buku ber-ISBN dan memiliki Hak Cipta, Publikasi di Media Massa serta Pendaftaran 5 (lima) Merek Dagang.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
