Sinergisitas Peningkatan Produk Dalam Negeri di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31315/jdse.v25i2.11372Keywords:
Pandemi Covid-19, UMKM, Bangga, Buatan IndonesiaAbstract
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia merupakan upaya pemerintah untuk membangkitkan perekonomian dengan mengembangkan UMKM pasca pandemi Covid-19, maka seluruh elemen masyarakat diminta untuk turut serta menyukseskan gerakan ini. Penelitian ini menganalisis implementasi gerakan nasional ini di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini memanfaatkan teknik wawancara untuk mengumpulkan data primer tentang pengembangan UMKM dari satuan kerja perangkat daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah MACTOR (Matriks, Aliansi, Taktik, Konflik, dan Rekomendasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, dan Dekranasda merupakan tiga instansi yang memegang peranan penting dalam menyukseskan Program Bangga Buatan Indonesia di Yogyakarta. Kolaborasi ketiga instansi tersebut dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri berdampak pada keberlanjutan Program Bangga Buatan Indonesia. Namun, program pembinaan yang dilaksanakan oleh seluruh instansi tersebut rawan terjadi tumpang tindih program, tumpang tindih kewenangan, dan duplikasi program. Untuk itu diperlukan komunikasi dan koordinasi antar instansi agar pembinaan dapat berjalan efektif dan efisien.References
Cadith, J., Shintaningrum, S., Rusli, B., & Muhtar, E. A. (2019). Relasi Antar Aktor Dalam Mendukung Sektor Perikanan Di Pesisir Teluk Banten. Jurnal Administrasi Publik, 10(1), 109–129. https://doi.org/10.31506/jap.v10i1.5988
Fauzi, A. (2022). Teknik Analisis Berkelanjutan, Gramedia Pustaka Utama, September 2022.
Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang the Covid-19 Pandemic Impact for Small and Medium Enterprise (Sme) in Palembang. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Mass, 9–17.
ILmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 96–107. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2790
Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium, Volume 8, Nomor 2, Juli 2020, 8(2), 191–200.
Mafruhah, I., Istiqomah, N., Dewa, A. L., Prawithosuci, W., & Akbar, L. (2021). Aplikasi Alat Analisis Kontemporer Berbasis Kuantitatif dan Kualitatif, Jejak Pustaka, Bantul, Yogyakarta.
Mas’udi, W., & Winanti, P. S. (2020). Tata Kelola Penanganan COVID-19 di Indonesia: Kajian Awal, UGM.
Nugroho, M. R. (2018). Penerapan Pola Sinergitas antara BUMDES dan UMKM. Sembahda, 28–37.
Rahman, A. N., Rohim, A. N., Laras Septi, A. R., Asrori, K., Byzura, S. A., & Sekarwati, D. A. (2021). Model Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Desa Girirejo Melalui Program Wiradesa. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 22(2), 208–221. https://doi.org/10.31315/jdse.v22i2.6381
Romanti. (2023). Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI): Memajukan Produk Lokal dan meningkatkan Kepercyaan Diri Bangsa. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/gerakan-nasional-bangga-buatanindonesia-gernas-bbi-memajukan-produk-lokal-dan-meningkatkankepercayaan-diri-bangsa/
Siregar, S. (2011). Pentingnya Memakai Produk Dalam Negeri. Universitas Lambung Mangkurat, Repo Dosen ULM, https://repodosen.ulm.ac.id/handle/123456789/7958?show=full.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Bilancia, 11(1), 33–59.
file:///C:/Users/Asus/Downloads/298-Article Text-380-1-10-20180728-3.pdf
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan : kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian tindakan, Alfabeta, Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
