Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Andalas
DOI:
https://doi.org/10.31315/jer.v17i1.14063Keywords:
Pasar, Pemasaran, Pasar Bawah, BukittinggiAbstract
Pasar menjadi sebuah tempat yang harus ada dalam lingkungan manusia, seperti di wilayah pedesaan maupun perkotaan setidaknya memiliki satu buah lokasi yang dijadikan pasar, guna mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup utamanya sehari hari. Hal itu juga menjadi sesuatu yang diperhatikan di kota Bukittinggi. Bukittinggi secara luas kota termasuk kecil hanya dua puluh lima kilometer persegi, namun memiliki banyak pasar, seperti pasar bawah yang justru sangat dekat dengan pasar banto, pasar aua tajungkang, dan pasar atas serta juga ada pasar Aur kuning yang dikenal sebagai pusat grosir. Pasar Bawah salah satunya menjadi pusat kebutuhan pokok masyarakat kota Bukittinggi seperti menjual beras, daging, sayur mayur dan buah buahan serta banyak hal lainnya. Meskipun pasar ini termasuk jenis pasar tradisional, namun tentu saja aspek aspek yang dibahas dalam ekonomi juga terkandung dalam pasar bawah Bukittinggi. Hasil penelitian menemukan adanya implementasi dari beberapa teori pasar dan pemasaran di pasar bawah Bukittinggi. MEDOTE yang digunakan adalah data sekunder yang disediakan oleh pemerintah kota Bukittinggi dan pemerintah provinsi Sumatera Barat melalui jejaring media internet.
References
Abdurohim, D. (2023). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis). repository.unpas.ac.id. http://repository.unpas.ac.id/64428/
Al-farrizy, T. C. (2020). Analisis Kelayakan Aspek Pasar Dan Pemasaran Produk Sepatu Kulit Emuin Di Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Arifin, S., & Ali, A. (2023). Peran Customer Involvement Terhadap Kinerja Pemasaran. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan). https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/5221
Ash-Shidiqie, H. (2022). STRATEGI PEMASARAN SMK CIPTA MANDIRI PAMIJAHAN DALAM PERSPEKTIF TEORI BAURAN PEMASARAN DAN MARKETING SYARIAH. An Nuqud Journal of Islamic Economics. https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/annuqud/article/view/357
Chandra, S. V, & Sari, W. P. (2022). Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Pengembangan Brand Melalui Perspektif Teori AIDA (Studi Kasus Hotel Harper Cikarang). Kiwari. https://pdfs.semanticscholar.org/569a/7000020af77c83b1bc2a005327a9499b19bc.pdf
Devara, K. S., & Sulistyawati, E. (2019). Peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Udayana University.
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=73hjEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=teori+pasar+dan+pemasaran&ots=YRASWMxLdy&sig=IryBMtPeGH4nGr_036jiLDuwlPM
Hidayah, N. (2021). Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan di Era Digital. … , Positioning, Branding, Selling, Marketing Mix, Internet …. https://www.academia.edu/download/69909823/Pemasaran_Destinasi_Pariwisata_Berkelanjutan_di_Era_Digital_Halaman_Depan.pdf
Lubis, R. F., Sastika, M., & Yoga, R. F. (2024). Konsep Strategi dan Program Trend Pemasaran Global. Jurnal Masharif Al …. https://journal.um-surabaya.ac.id/Mas/article/view/21455
Nugroho, A. S. (2020). Digital Marketing: Teori dan Implementasi (Tinjauan Praktisi Digital Marketing). books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=yNNWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=teori+pasar+dan+pemasaran&ots=L4l1YCm3nk&sig=WfUmQKhnh3xOGJvr9czj4KpcaII
Nursalim, A., Chatra, A., & ... (2023). Peningkatan Kapasitas UMKM
Melalui Program Pelatihan Manajemen Dan Pemasaran. Community …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22306
Oktaviani, Q., & Riofita, H. (2024). STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK PEMBUKAAN WARUNG KOPI DI KAWASAN KAMPUS: ANALISIS PASAR DAN STRATEGI PEMASARAN. Ekonodinamika: Jurnal Ekonomi Dinamis. https://journalpedia.com/1/index.php/jed/article/view/1752
Prasanti, E., Zuhri, S., Achmad, Z. A., & ... (2023). Impelementasi Teori AISAS dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Digital@ stripesmestore di Instagram. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu …. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1997
Pratama, M. S. A. (2024). AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PASAR WIGUNA MELALUI INSTAGRAM@ PASARWIGUNA DALAM MEMPROMOSIKAN ECO-CULTURE MARKET. e-journal.uajy.ac.id. http://e-journal.uajy.ac.id/32111/
Purnomo, A. C. (2022). Manajemen pemasaran pendidikan berbasis strategi penentuan pasar sasaran. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/inovasi/article/view/129
Puspitasari, A. W., & Oktafia, R. (2020). Analisis strategi pemasaran syariah untuk peningkatan pangsa pasar produk jelly motif pada UD. Sumber Abadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/alinfaq/article/view/709
Rahmawati, S. (2021). ANOTASI BIBLIOGRAF Manajemen Pemasaran, Kontribusi UMKM dan Metodelogi sejarah. osf.io. https://osf.io/preprints/8p9gv/
Sherly, S., Halim, F., Butarbutar, M., SN, A. S. N. A., & ... (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan Kita Menulis.
Wahdaniah, I., & Sari, A. (2020). Pembeli adalah Raja: Strategi komunikasi pemasaran konvensional warung spesial sambal menghadapi persaingan pasar modern. Journal of Servite. http://journal.lspr.edu/index.php/servite/article/view/215
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ekonomi Regional (JER) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
- Articles published in Jurnal Ekonomi Regional (JER) are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and IJBiotech, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Ekonomi Regional (JER) to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in Jurnal Ekonomi Regional (JER), authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.