Analisis Dinamika Persaingan dan Inovasi di Pasar Digital Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31315/jer.v17i1.14186Keywords:
Pasar Digital, Inovasi Teknologi, Persaingan, Kesenjangan Digital, RegulasiAbstract
Pasar digital di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, didukung oleh penetrasi internet yang tinggi dan inovasi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika persaingan dan inovasi di sektor ini. Dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini menemukan bahwa inovasi teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI) dan big data, memainkan peran penting dalam pertumbuhan pasar digital. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital dan regulasi yang belum matang masih menghambat perkembangan sektor ini. Penelitian ini merekomendasikan investasi dalam infrastruktur teknologi, peningkatan literasi digital, dan penguatan regulasi untuk mendukung pertumbuhan pasar digital Indonesia.
References
Aprilianti, I., & Dina, S. A. (2021). Pengaturan Bersama Ekonomi Digital Indonesia. repository.cips-indonesia.org. https://repository.cips-indonesia.org/tr/publications/333000/pengaturan-bersama-ekonomi-digital-indonesia
Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, M. D.,(2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. … Digital Indonesia. https://jurnal.relawantik.or.id/abdimas/article/view/75
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis. https://www.researchgate.net/profile/Bambang-Arianto-2/publication/377079469_Pengembangan_UMKM_Digital_di_Masa_Pandemi_Covid-19/links/6594a5876f6e450f19c49449/Pengembangan-UMKM-Digital-di-Masa-Pandemi-Covid-19.pdf
Hasbullah, M. A. (2020). Penegakan Hukum Persaingan Usaha Dalam Sektor Ekonomi Digital. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi) http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/684
Kamal, M. F., & Apriani, R. (2022). Pengaruh perkembangan teknologi di era digital terhadap investasi dan pasar modal. Jurnal Justitia: Jurnal Ilmu Hukum) http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Justitia/article/view/4019/1000
Kamilawati, A., Syaputra, A., Wn, R. A., & ... (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. ILMU INSPIRASI INDONESIA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI INDONESIA. Jurnal Intelek) https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1894
Maimuna, F. F., Roroa, N. A. F., Misrah, M., & ... (2024). Transformasi Digital dalam Kewirausahaan: Analisis Faktor Penghambat dan Pendorong Perkembangan Ekonomi Digital Dan Riset Ilmu. https://www.ejurnal.teraskampus.id/index.php/simetris/article/view/224
Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Pelatihan dan pendampingan membangun praktik digital marketing unggul untuk peningkatan pemasaran UMKM di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of. http://icjcs.esc- id.org/index.php/home/article/view/149
Melati, I. S., Siwi, M. K., Wibawa, R. P., Juliana, N., & ... (2022). Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Indonesia. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=WbVmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=pasar+digital+indonesia&ots=kPu2U_BTWo&sig=KFyV10Qw5X-kwfsO-6klWHIVBHo
Priyono, M. B., & Sari, D. P. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4922
Rahman, I., Mayasari, R. E., & ... (2023). Hukum Perlindungan Konsumen di Era E-Commerce: Menavigasi Tantangan Perlindungan Konsumen dalam Lingkungan Perdagangan Digital. Jurnal Hukum) https://wnj.westscience-press.com/index.php/jhhws/article/view/605
Sirodjudin, M., & Sudarmiatin, S. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/783
Sudaryo, S. E. Y., MM, M., Efi, N. A. S., Yosep, M. A., SE, M., & ... (2020). Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=kpD5DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pasar+digital+indonesia&ots=ETx3RHgRXc&sig=S8ynTd6Jeks7Exu4jn-AOUVPFsE
Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M., & ... (2023). Transformasi Digital: Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital. Trending: Jurnal. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/view/1115
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ekonomi Regional (JER) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
- Articles published in Jurnal Ekonomi Regional (JER) are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and IJBiotech, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Ekonomi Regional (JER) to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in Jurnal Ekonomi Regional (JER), authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.