Evaluasi Jalan Tambang Berdasarkan Kerusakan Jalan Dalam Upaya Meningkatkan Travel Speed Alat Angkut Pada PT Putra Perkasa Abadi Jobsite PT Adaro Indonesia Tabalong Kalimantan Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31315/jtp.v10i2.15135Keywords:
Qualitative Rolling Resistance Assessment, CBR, Rolling ResistanceAbstract
PT Putra Perkasa Abadi (PPA) adalah salah satu perusahaan kontraktor yang bekerja sama dengan PT Adaro Indonesia di sektor pertambangan batubara. PT PPA menerapkan sistem penambangan terbuka menggunakan metode open pit. Kegiatan operasional PT PPA di lokasi tambang PT Adaro Indonesia meliputi pembersihan lahan hingga pengangkutan batubara ke ROM stockpile. Aktivitas penambangan yang dilakukan oleh PT PPA mencakup pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Salah satu persyaratan penting dalam proses pengangkutan adalah ketersediaan jalan angkut yang memadai. Berdasarkan pengamatan di lapangan, ditemukan adanya kerusakan pada segmen jalan, khususnya pada jalan poros yang mengarah ke disposal. Kerusakan ini terjadi akibat tidak mampunya daya dukung tanah untuk menahan beban kendaraan, yang mengharuskan dilakukan evaluasi terhadap kondisi jalan. Evaluasi ini menggunakan metode qualitative rolling resistance assessment dengan target rolling resistance sebesar 2%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa nilai rolling resistance pada Jalan Spanyol mencapai 3,1, sementara pada Jalan Monte Bawah tercatat 3,2. Nilai tersebut masih lebih tinggi dari target yang ditetapkan perusahaan, yaitu 2%. Faktor utama yang mempengaruhi nilai rolling resistance adalah kerusakan berupa potholes, corrugation, ruts, loose material, dan stoniness. Hal ini terjadi karena nilai CBR (California Bearing Ratio) pada kedua jalan tersebut belum memenuhi standar CBR minimum yang dibutuhkan untuk kendaraan HD 785, yaitu sebesar 39%. Setelah dilakukan perbaikan pada daya dukung tanah menggunakan metode Giroud-Han, nilai rolling resistance berhasil diturunkan menjadi 2%, sesuai dengan target perusahaan. Sebagai hasil dari perbaikan tersebut, rata-rata kecepatan hauler mengalami peningkatan. Kecepatan hauler di Jalan Monte Bawah meningkat dari 14,23 km/jam (kecepatan aktual) menjadi 20 km/jam (kecepatan setelah perbaikan), sementara di Jalan Spanyol, kecepatan hauler meningkat dari 22,35 km/jam (kecepatan aktual) menjadi 26,64 km/jam (kecepatan setelah perbaikan). Kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh hauler, sesuai dengan handbook Komatsu 785, adalah 70 km/jam.
References
Aldiyansyah. (2016). Analisis Geometri Jalan di Tambang Utara pada PT. Ifshideco Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Geomine, Vol 04, No 1.
Amini, F. 2003. Potential Applications of Dynamics and Static Cone Penetrometer in MDOT Pavement Design and Construction. Final Report, Department of Civil Engineering: Jackson State University
Bergawa, W.S. (2017). Perencanaan Tambang. Yogyakarta: Universitas Pembangunan "Nasional" Veteran Yogyakarta.
Eaton, R. A., S. Gerard. and Cate, D. W. 1987. Rating Unsurfaced Roads. Special Report 87-154. United States Army Cold Regions Research and Engineering Laboratory. United States.
Melodi, Aldo. (2017). Kajian Teknis Kegiatan Pengurangan Durasi Slipeery Pada Jalan Angkut Overburden Blok Barat PT. Muara Alam Sejahtera Lahat Sumatera Selatan. JP Vol 1, No 4.
Oktafian, N. S. (2018). Evaluasi Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Produtuvitas Dump Truck pada Pengangkutan Batubara dari Loading Point ke Stockpile di Site Ampelu PT. Nan Riang Kecamatan Muara Tambesi Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.Bina tambang, volume 3, hal,1377-1386.
Sukirman, S. (1999). Dasar - Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung : Penerbit Nova.
Thompson, R.J. (2011). Mine Hauld Road Design, Construction & Maintenance Management.
Yashas S. R., Harish, S. N., dan Muralidhara, H. R. 2016. Effect of California Bearing Ratio on the Properties of Soil. American Journal of Engineering Research. 5(4): 28-37.
____. (2018). Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 1827 K/30/MEM/2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 figgo febriawan, Rika Ernawati, Shenny Linggasari, Aldio Kresna Pambayu, Aldin Ardian, Winda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pertambangan: This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.