PEMBUATAN IKLAN DIGITAL DAN COMPANY PROFILE BERBASIS SUSTAINABLE BRANDING PADA KELOMPOK USAHA GULA “HARAPAN BARU”

Authors

  • Ida Susi Dewanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Ahmad Zaki Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Sumintarsih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Mochammad Fauzul Haq Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Suratna Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) “Harapan Baru” gula semut di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo bertujuan meningkatkan kapasitas pemasaran dan daya saing produk nira kelapa organik melalui transformasi digital dan inovasi pengemasan. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi identifikasi kebutuhan, pelatihan pemasaran digital dan pengemasan, pendampingan pembuatan konten, serta monitoring dan evaluasi partisipatif. Program ini meningkatkan visibilitas dan jangkauan pasar dari tingkat lokal menjadi nasional. Mitra mengalami peningkatan pendapatan setelah memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk promosi. Mitra juga mulai membuat katalog digital dan memproduksi konten secara mandiri. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan akses internet, variasi kapasitas sumber daya manusia, dan peralatan produksi serta media yang belum memadai. Transformasi digital dan inovasi kemasan terbukti meningkatkan daya saing UMKM, namun diperlukan dukungan berkelanjutan, penyediaan peralatan, serta pengembangan materi promosi multibahasa agar berkelanjutan dan siap menuju pasar ekspor.

Kata Kunci: gula semut, pemasaran digital, pengemasan berkelanjutan, pemberdayaan UMKM, Kulon Progo

Downloads

Published

02-12-2025