PENGGUNAAN STORYTELLING DALAM MEMPERKUAT NILAI JUAL BATIK LOKAL BENGKULU

Authors

  • Alfarabi universitas bengkulu
  • Aan Erlansari Universitas Bengkulu
  • Venti Puspitasari Universitas Bengkulu
  • Puji Haryadi Mulyana Sukma Pusat Kajian Sosial

Abstract

Batik Bengkulu merupakan salah satu identitas daerah yang menjadi instrumen dalam memperkenalkan Bengkulu di kancah nasional dan internasional. Dalam motif batik terkandung filosofi suatu daerah yang selain memiliki unsur estetika juga memiliki cerita kehidupan masyarakat di wilayah tersebut. Cerita yang terkandung dalam motif-motif batik lokal banyak tidak diketahui oleh masyarakat luar. Kondisi ini membuat produk tidak dikenal berdasarkan cerita yang terkandung dalam batik tersebut sehingga promosi dari pembeli tidak dapat berjalan secara mendalam. Pengabdian ini memperkuat brand batik lokal Bengkulu dengan cara melengkapi produk dengan storytelling   terhadap produk tersebut. Proses memperkuat nilai jual batik lokal ini adalah dengan membuat website yang menceritakan asal usul dan makna dalam motif batik. Pada pengabdian kali ini batik Bengkulu yang dipilih untuk dibuat storytelling   adalah batik Les Plank yang mengambil inspirasi dari motif rumah adat Melayu Bengkulu. Storytelling   mencakup tentang makna, sejarah dan budaya Melayu Bengkulu yang terdapat dalam motif batik Les Plank. Berbagai cerita  tersebut dirangkum dalam website lesplank.com.  Informasi dalam website dihubungkan dengan setiap produk dengan menempelkan stiker QR Code sehingga setiap konsumen dapat secara cepat mengetahui informasi tentang produk batik Les Plank yang mereka beli.

Kata kunci: batik; motif; les plank; storytelling  ; website

Downloads

Published

02-12-2025