SCALE UP USAHA SKALA RUMAH TANGGA BAWANG GORENG DI DUSUN LANGKOB, CIHAURBEUTI, KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • Yeni Fitriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Reny Hidayati Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Depy Muhamad Pauzy Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Ade Yosi Laelani Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Anna Thereshia Aldelwils Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

MR Snack merupakan unit usaha kumpulan ibu-ibu majelis riyadloh Miftahur Rohmah yang dibentuk pada bulan Januari 2019, di Desa Langkob, Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Kelompok ini melakukan usaha mengolah bawang merah menjadi bawang goreng dengan aneka varian rasa, yaitu original dan pedas. Produk bawang goreng ini menjadi tambahan taburan dalam makanan sehari-hari. Permasalahan utama meliputi keterbatasan pengetahuan tentang produksi bawang goreng yang berkualitas, tingginya harga bawang merah sebagai bahan baku utama, penentuan dan penghitungan biaya produksi serta harga jual yang belum terstruktur, serta terbatasnya akses pemasaran. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas produksi, perbaikan kemasan, penghitungan harga pokok produksi, dan strategi pemasaran. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, pelatihan, praktik langsung, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test menggunakan kuesioner kepada sekitar 10-15 orang peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra sebesar 50–60% pada aspek produksi dan pemasaran. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman teknis, tetapi juga mendorong mitra untuk lebih konsisten dalam produksi, efisien, dan siap menghadapi pasar modern. Kegiatan ini berkontribusi pada penguatan ekonomi masyarakat, terutama bagi kelompok ibu-ibu majelis riyadhoh miftahur rohmah (MR Snack).

Kata Kunci: e-commerce, biaya produksi, pemasaran digital

Downloads

Published

02-12-2025