Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Agrivet?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

JURNAL AGRIVET

Jurnal Agrivet merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan ulasan/review (atas undangan redaksi) mengenai berbagai aspek yang terkait dengan Agronomi dan bidang pertanian yang terkait.

Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Tulisan yang telah dipresentasikan pada pertemuan ilmiah dapat diterbitkan dengan keterangan tentang pertemuan ilmiah tersebut.  Setiap naskah yang masuk dalam Agrivet akan ditelaah oleh Dewan Editor dan sekurang-kurangnya dua orang mitra bestari (peer reviewer) yang identitasnya akan dirahasiakan.

Pengiriman Naskah

Naskah dikirim kepada:

Redaksi Jurnal Agrivet

d/a Sekretariat Agrivet

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UPN ”Veteran” Yogyakarta

Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condong Catur, Yoyakarta 555283

Tel/Fax: +62 (274) 486737

Email: agrivet@upnyk.ac.id

 

Naskah bentuk format file doc. dalam CD dan tiga eksemplar foto kopi dikirimkan ke alamat Redaksi Jurnal Agrivet atau dikirim melalui e-mail ke  agrivet@upnyk.ac.id.  Penulis wajib mencantumkan jenis artikel yang dikirimkan.  Keputusan penerbitan setiap naskah ditetapkan oleh Dewan Editor Jurnal Agrivet berdasarkan hasil penelaahan oleh mitra bestari.

Jenis Artikel

  1. Hasil Penelitian: panjang naskah maksimum 20 halaman ketikan spasi rangkap (termasuk gambar dan tabel).
  2. Ulasan (atas undangan Redaksi): panjang naskah maksimum 15 halaman ketikan spasi rangkap (termasuk gambar dan tabel). Penulis hendaknya mengemukakan ide-idenya mengenai keberlanjutan aspek yang diulasnya di masa depan.

Struktur Tulisan

Hasil penelitian

Judul

  1. Nama penulis (nama lengkap)
  2. Alamat Institusi penulis (ditulis lengkap)
  3. Keterangan penulis untuk korespondensi disertai nomor telepon dan fax, serta alamat e-mail
  4. Abstrak (ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia)
  5. Pendahuluan
  6. Bahan dan metode
  7. Hasil
  8. Pembahasan & Kesimpulan
  9. Ucapan terima kasih

10. Daftar pustaka

11. Gambar dan judulnya

12. Tabel dan judulnya

■ Ulasan

  1. Judul
  2. Nama penulis
  3. Abstrak
  4. Pendahuluan
    1. Bab aspek yang diulas
    2. Kesimpulan
    3. Ucapan terima kasih
    4. Daftar pustaka
    5. Gambar dan judulnya

10.Tabel dan judulnya

 

Format Penulisan Naskah

 

  1. 1.    Penulis yang tercantum dalam daftar penulis bertanggung jawab terhadap isi artikel. Nama depan dan tengah boleh disingkat tetapi nama belakang tidak boleh disingkat. Keterangan mengenai penulis untuk korespodensi dicantumkan di bawah baris alamat penulis.
  2. 2.    Naskah diketik dengan Microsoft Word format file doc., satu kolom, tipe huruf Arial 11 pt dengan spasi rangkap.
  3. 3.    Batas tepi ketikan pada semua sisi masing-masing 3 cm.
  4. 4.    Nomor halaman ditempatkan pada bagian kanan atas.
  5. 5.    Artikel yang pernah disajikan dalam pertemuan ilmiah, tetapi belum pernah diterbitkan dalam bentuk prosiding, perlu disertai keterangan mengenai pertemuan ilmiah tersebut sebagai catatan kaki.
  6. 6.    Gambar dan tabel harus jelas serta ditempatkan pada bagian akhir dan terpisah dari naskah teks. Teks keterangan gambar dan tabel diletakkan di luar bidang gambar dan tabel.
  7. 7.    Teks dan angka dalam gambar dan tabel menggunakan tipe huruf Arial 9 pt dengan spasi tunggal.
  8. 8.    Judul singkat dan jelas (≤ 14 kata), diketik dengan huruf besar pada setiap awal kata dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang digunakan.  Nama latin dan istilah asing lainnya diketik dengan cetak miring. Nama latin pada judul ditulis tanpa Author.
  9. 9.    Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Judul dalam bahasa Inggris ditulis cetak miring di bawah judul bahasa Indonesia. Panjang abstrak tidak lebih dari 250 kata yang dituangkan dalam satu alinea yang mengandung ringkasan dari (a) latar belakang dan tujuan penelitian, (b) metodologi, (c) hasil atau dampak (ulasan), dan (d) kesimpulan.
  10. 10.  Kata kunci (key words) terdiri atas 3-5 kata atau gugus kata yang menggambarkan konsep, bukan daftar nama organisme atau bahan.  Nama latin atau istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.
  11. 11.  Pendahuluan berisi latar belakang disertai pengacuan pada pustaka-pustaka penting terkait dan diakhiri dengan alinea tujuan penelitian.
  12. 12.  Bahan dan metode berisi spesifikasi dan sumber bahan-bahan yang digunakan dituliskan dengan jelas, misalnya GC Varian 1400 dengan integrator HP 3390 A, sedangkan alat sederhana seperti gelas labu tidak perlu ditulis. Metode yang digunakan, termasuk cara penggunaan alat, dituliskan secara terperinci bila belum pernah diterbitkan.  Metode yang sudah diterbitkan cukup dijelaskan prinsipnya disertai pustakanya.  Metode yang dimodifikasi dijelaskan modifikasinya disertai pustaka  sebelumnya.
  13. 13.  Hasil berisi tabel dan gambar (grafik) dibuat dalam bentuk terbuka (tanpa garis keliling/border).  Judul tabel (di atas tabel) dan judul gambar (di bawah gambar) diberi nomor sesuai urutan pengacuannya di dalam teks dan diawali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku.  Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar (grafik) sekaligus, harus dipilih salah satu.
  14. 14.  Pembahasan berisi bahasan hasil-hasil penting yang dipaparkan pada bagian hasil dalam kaitan dengan perumusan masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian.  Persamaan, perbedaan, dan keunikan hasil penelitian yang diperoleh dibandingkan dengan informasi terkini dalam bidang terkait.  Pada bagian akhir pembahasan dikemukakan implikasi bagi bidang terkait.
  15. 15.  Kesimpulan didasari hasil yang diperoleh, dengan memerhatikan perumusan masalah dan tujuan penelitian.
  16. 16.  Ucapan terima kasih disampaikan kepada penyandang dana dan pihak-pihak yang telah berjasa dalam penelitian hingga tulisan dihasilkan.
  17. 17.  Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan abjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan penulis berikutnya didahului nama famili/nama akhir yang diikuti singkatan nama pertama dan nama tengah dipisahkan tanda koma dan/atau titik.

 

Contoh penulisan pustaka

Artikel jurnal

Muniappan, R., Shepard, B. M., Watson, G. W.,  Carner, G. R., Sartiami, D., Rauf, A.& Hammig, M. D. 2008. First Report of the Papaya Mealybug, Paracoccus marginatus (Hemiptera: Pseudococcidae), in Indonesia and India. Journal of Agricultural Urban Entomology 25: 37–40.

Buku dengan pengarang

Kalshoven, L.G.E. 1981. Pests of Crops in Indonesia. P.T. Ichtiar Baru-Van Hoeve, Jakarta.

Bab dalam buku

Li, L. 1994. Worldwide use of Trichogramma for biological control on different crops: a survey. In: Wajnber, E. & Hassan, S.A. (Eds). Biological Control with Egg Parasitoids. CAB International. Wallingford. pp. 37-54.

 

 

Artikel dalam prosiding

Thalib, R., Adam, A., Suwandi, Pujiastuti, Y. & Herlinda, S. 2005. Fitness of Beauveria basiana isolates from Sumatera and Java on Plutella xylostella larvae. Proceedings of The 1st International Conference of Crop Security. Brawijaya, Malang, 20-22 September 2005. pp. 105-107.

Skripsi/tesis/disertasi

Xue, YG. 2007. Effects of an nC24 agricultural mineral oil on tritrophic interactions between French bean (Phaseolus vulgaris L.), two-spotted mite (Tetranychus urticae Koch) and its predator, Phytoseiulus persimilis Athias-Henriot. PhD Thesis (Unpublised). University of Western Sydney. 210 pp.

Artikel dari internet

Teknik dan/atau Laporan Penelitian, diakses online

Deming, D., & Dynarski, S. (2008). The lengthening of childhood (NBER Working Paper 14124). Cambridge, MA: National Bureau of Economic Research. Retrieved July 21, 2008, from http://www.nber.org/papers/w14124

Web site Professional (tanpa tanggal publikasi – diberi tahun sesuai waktu diakses online)

National Renewable Energy Laboratory. (2008). Biofuels. Retrieved May 6, 2008, from http://www.nrel.gov/learning/re_biofuels.html

Hak Cipta

Dengan memberikan rujukan seperlunya pada Jurnal Agrivet, penulis dan pembaca:

Dapat meng-copy dan mendistribusikan artikel

Dapat menggunakan artikel untuk kepentingan non-komersial

Penulis dapat mengunggah artikel di repository personal atau institusi



 



Creative Commons License
Agrivet by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/agrivet is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats