PELATIHAN TENTANG BERCOCOK TANAM DENGAN METODE HIDROPONIK VERTIKULTUR DI DESA KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK

Nia Dwi Puspitasari, Zetta Rasullia Kamandang, Bagas Aryaseta, Achmad Dzulfiqar Alfiansyah

Abstract


Desa Kedamean Gresik adalah salah satu desa yang terletak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Desa ini dikenal sebagai desa yang produktif dalam sektor pertanian, namun dengan lahan yang terbatas. Kondisi ini membuat para petani di desa Kedamean harus kreatif dalam memanfaatkan lahan sempit yang tersedia. Untuk membantu masyarakat desa dalam mengatasi masalah ini, Program Studi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dan pelatihan tentang bercocok tanam dengan metode hidroponik. Metode hidroponik vertikultur merupakan salah satu cara bercocok tanam tanpa tanah yang sangat cocok untuk lahan sempit. Dalam metode ini, tanaman ditanam secara vertikal dengan menggunakan media seperti potongan pipa PVC atau botol bekas. Tanaman diletakkan di dalam pipa PVC atau botol bekas dan diberi nutrisi melalui air yang mengalir pada sistem hidroponik. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sekitar 40 peserta dari masyarakat sekitar balai desa Kedamean Gresik yang didominasi oleh ibu-ibu yang berprofesi sebagai petani. Kegiatan pelatihan dan workshop ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat desa Kedamean Gresik dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijak. Kedepannya, Prodi Teknik Sipil UPN Veteran Jawa Timur akan terus melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Keywords


Hidroponik; organik; sayuran; tanaman; vertikultur

Full Text:

PDF

References


Asikin, D., Handayani, R. P., & Mustikawati, T. (2016). Vertical Garden dan Hidroponik sebagai Elemen Arsitektural di Dalam dan di Luar Ruangan. RUAS, 14(1), 34–42.

Fuada, S., Setyowati, E., Aulia, G. I., & Riani, D. W. (2023). Narative Review Pemanfaatan Internet-Of-Things Untuk Aplikasi Seed Monitoring And Management System Pada Media Tanaman Hidroponik Di Indonesia. INFOTECH Journal, 9(1), 38–45.

Hidayat, A. (2023). DIVERSIFIKASI USAHA TANI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI DAN KETAHANAN PANGAN LOKAL.

Julialevi, K. O., Buwono, I. R., & Anwar, S. (2022). DIVERSIFIKASI PRODUK DAN UPGRADING TEKNOLOGI BUDIDAYA KELOMPOK WANITA TANI BERKAH LESTARI DESA SROWOT KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 11(1).

Liferdi, L., & Saparinto, C. (2016). Vertikultur Tanaman Sayur. Penebar Swadaya Grup.

Prasetya, S., Ridlwan, H. M., Muslimin, M., & Khairunnisa, R. (2020). Pengembangan Budidaya Tanaman Organik Dengan Sistem Hidroponik Otomatis Bagi Masyarakat Perkotaan (Kelurahan Munjul). Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Rosliani, R., & Sumarni, N. (2005). Budidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik. Balai Penelitian Tanaman Sayuran.




DOI: https://doi.org/10.31315/dlppm.v4i2.10026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistic:

Dharma has been indexed on:

 


crossref dimensionsroad 
googlepkp-index road 
   

JournalStories Main logo


Editorial Office

LPPM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Gedung Rektorat Lt. 5 UPN “Veteran “Yogyakarta 
Jl. SWK. 104 Lingkar Utara, Condong Catur, Yogyakarta 55283