Analisis Klasifikasi Tutupan Lahan dengan Citra Sentinel 1A Menggunakan Metode Dekomposisi Polarimetrik di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Daffa Arbimas Hastoro, Maulana Yudinugroho

Abstract


Penginderaan jauh merupakan ilmu dan seni untuk mendapatkan informasi terkait suatu objek, area, maupun fenomena dengan melakukan analisis data citra satelit. Perkembangan dalam penginderaan jauh dapat dilihat dengan tersedianya citra satelit pada saat ini. Terdapat beberapa citra dengan resolusi sedang yang open source (gratis) yang salah satunya adalah citra dari satelit Sentinel. Satelit Sentinel menghasilkan output data berupa Synthetic Aperture Radar (SAR). Teori dekomposisi polarimetrik digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan mekanisme hamburan dan sifat fisik dari target. Dekomposisi polarimetrik merupakan teknik memisahkan mekanisme hamburan secara terpisah yang dapat membantu interpretasi yang lebih baik. Keunggulan dekomposisi polarimetrik yaitu memiliki kemampuan dalam melakukan penetrasi awan yang sangat baik sehingga dapat melakukan pengambilan citra tanpa terganggu oleh awan dan juga mampu melakukan ekstraksi nilai backscatter dalam bentuk amplitudo dan fase. Pada penelitian ini dilakukan analisis klasifikasi tutupan lahan dengan citra Sentinel 1A menggunakan metode dekomposisi polarimetrik di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2023. Klasifikasi dilakukan dengan metode unsupervised wishart H-alpha angle. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil metode dekomposisi polarimetrik menggunakan Unsupervised wishart classification pada daerah yang mempunyai variasi vegetasi dan non vegetasi. Hasil penelitian ini kemudian dikenakan matriks konfusi dengan nilai akurasi sebesar 80,722% menggunakan pembanding yaitu citra Google Earth tahun 2022.

Keywords


Penginderaan jauh, Citra Satelit, Sentinel 1A, Dekomposisi Polarimetrik, unsupervised wishart Classification.

Full Text:

PDF

References


Anisa, R., & Rokhmana, C. A. (2019). EKSTRAKSI CITRA SENTINEL 1A DENGAN METODE POLARIMETRIK UNTUK PEMETAAN HUTAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Elipsoida: Jurnal Geodesi dan Geomatika, 2(01), 80-87.

Bayanuddin, A. A. 2016. Pendugaan cadangan karbon di ataspermukaan pada hutan rakyat dengan memanfaatkan data synthetic aperture radar Sentinel-1 (studi kasus di kabupaten sukoharjo), 1.

Cloude, S. R., & Pottier, E. (1996). A review of target decomposition theorems in radar polarimetry. IEEE Transactions on Geoscience and Remote Sensing, 34(2), 498-518.

Cloude, S. R., & Pottier, E. (1997). An entropy based classification scheme for land applications of polarimetric SAR. IEEE Transactions on Geoscience and Remote Sensing, 35(1), 68-78.

Danoedoro, P. 2012.Pengantar Penginderaan Jauh Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi

Esa, 2013. Sentinel 1 User Handbook.

Lillesand, T. M. (2015). Remote Sensing and Image Interpretation. New York: Jhon Willey & Son.

Mohammadimanesh, F., Salehi, B., Mahdianpari, M., & Homayouni, S. (2016). Unsupervised wishart classfication of wetlands in Newfoundland, Canada using polsar data based on fisher linear discriminant analysis. The International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 41, 305-310.

Poolla, S. B. (2013). Polarimetric scattering model for biophysical characterization of multilayer vegetation using space borne PolSAR data (Master's thesis, University of Twente).

Prayogo, L. M., & Basith, A. (2020). Uji Performa Citra Worldview 3 dan Sentinel 2A untuk Pemetaan Kedalaman Laut Dangkal (Studi Kasus di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah). JGISE: Journal of Geospatial Information Science and Engineering, 3(2), 161-167.

Putra, R. D., Napitupulu, H. S., Nugraha, A. H., Suhana, M. P., Ritonga, A. R., & Sari, T. E. Y. (2022). Pemetaan Luasan Hutan Mangrove Dengan Menggunakan Citra Satelit Di Pulau Mapur, Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Kelautan Tropis, 25(1), 20-30.

Shafitri, L. D., Prasetyo, Y., & Haniah, H. (2018). Analisis deforestasi hutan di provinsi Riau dengan metode polarimetrik dalam pengindraan jauh. Jurnal Geodesi Undip, 7(1), 212-222.

Shobirin, A., Budiarsa, A. A., & Ritonga, I. R. (2016). Pemetaan sebaran mangrove menggunakan Citra Landsat 8/ETM+ di Teluk Pangempang Kecamatan Muara Badak Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Perikanan Tropis, 22(1), 1–9.

Sudianto, A., & Sadali, M. (2018). Penerapan Sistem Informasi Geografis (GIS) dalam Pemetaan Kerajinan Kain Tenun dan Gerabah untuk Meningkatkan Potensi Kerajinan di Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 1(2), 71-78.




DOI: https://doi.org/10.31315/imagi.v3i2.10778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Daffa Arbimas Hastoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.