Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Keju Natural Di Rumah Keju Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta

Richa Puspita Dewi, Budiarto Budiarto, Antik Suprihanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis Keragaan usaha keju natural, 2) menganalisis kelayakan Usaha keju natural, 3) menetapkan prioritas strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan untuk mengembangkan Usaha keju natural. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan responden penelitian menggunakan metode purposive. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk keragaan dianalisis secara deskripsi, kelayakan usaha dianalisis menggunakan analisis benefit cost ratio dan strategi pengembangan usaha dianalisis menggunakan metode IFE, EFE, SWOT, IE dan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian 1). Usaha keju natural di Rumah Keju Jogja memiliki lokasi produksi yang strategis, pemasaran yang dilakukan secara online dan offline, memiliki sertifikat halal dari MUI dan sudah melakukan fungsi – fungsi manajemen dalam usahanya. 2). Usaha keju natural di “Rumah Keju” Jogja selama tidak layak dilaksanakan dengan nilai b/c ratio sebesar 0,38 3) strategi pengembangan usaha yang menjadi prioritas untuk pengembangan usaha keju natural di Rumah Keju Jogja adalah penetrasi pasar melalui meningkatkan promosi melalui penggunaan facebook dan instagram yang lebih optimal atau melalui media promosi lainnnya untuk meningkatkan penjualan.

Kata kunci : strategi pengembangan, kelayakan usaha, keju natural, keragaan


Full Text:

PDF

References


Cahyanto, Teguh. (2016). Analisis Kelayakan Dan Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri Minyak Atsiri di PT. XYZ. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Ariani dan Utomo, Muhammad. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 13 (2) : 99-118.

David, Fred. (2016). Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta : Salemba Empat.

Handjojo, Suwito dkk. (2017). Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Teh Papua (Vernonia Amygdalina). Jurnal Manajemen IKM, 12 (2) : 145-150

Kasmir dan Jakfar. (2003). Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Jakarta : Kencana Penada Media Group.

Lakamisi, Hayati dan Usman, Rukiaty. (2016). Analisis Finansial dan Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kacang Vernis. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan, 9 (2) : 58-64.

Nanda, Anisa Yusrin. (2018). Analisis strategi pemasaran yang efektif Bagi Pengguna E-Commerce. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1 (1) : 11-19.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Siregar, Gustina. (2012). Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong. Jurnal Agrium, 17 (3) : 192-200.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5378

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5378.g3802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.