PARTISIPASI MASYARAKAT PADA KEGIATAN DESA WISATA KEBONAGUNG DI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL

Lissa Monica Dina Windyastri, Daru Retnowati, Eko Murdiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji dimensi partisipasi masyarakat pada Kegiatan Desa Wisata Kebonagung di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, (2) Mengkaji bentuk partisipasi masyarakat pada Kegiatan Desa Wisata Kebonagung di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Dimensi partisipasi masyarakat pada kegiatan Desa Wisata Kebonagung Menyusun perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil, dan evaluasi. (2) Bentuk partisipasi masyarakat pada kegiatan Desa Wisata Kebonagung yaitu tenaga, pikiran, saran dan kritik. Manfaat program pada bentuk partisipasi sangat berguna untuk kehidupan masyarakat salah satunya meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. 

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Desa Wisata Kebonagung


Full Text:

PDF

References


Afrizal, Liani, A., & Arianto, B. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Perencanaan Pembangunan Desa Di Desa Toapaya Utara Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan. (Naskah Publikasi). Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang.

Deviyanti, D. (2013). Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah. Jurnal Administrasi Negara, 1 (2), 380-394.

Fadil, F. (2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Keluarahan Kotabaru Tengah. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan Lokal, 2 (2), 251-262.

Khadiyanto, P., & Ramadhan, F. (2014). Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Kegiatan Pariwisata Di Desa Wisata Bejiharjo Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal Teknik PWK, 3 (4), 949-963.

Kurniyati, Y. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Di Desa. (Tesis). Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Radin Intan Lampung, Lampung.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, M. (2019). Partisipasi Masyarakat Desa. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Ndraha, T. (1990). Pembangunan Masyarakat (Mempersiapkan Tinggal Landas). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Noko, N., Dengo, S., & Tampi, B. G. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Sayoang Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 4 (59), 1-11.

Sagita, I., N. (2006). Partisipasi Warga Masyarakat Dalam Penilaian Kinerja Kecamatan Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2 (2), 318-329.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Wiwin, I. W. (2019). Faktor Sukses dalam Pengembangan Wisata Pedesaan. Jurnal Pariwisata Budaya, 4 (2), 25-29.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v22i2.6395

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v22i2.6395.g4172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.