Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rengginang Pada Toko Rengginang “Mbok Yah” Kota Surakarta

Aqilla Julia Chandra, Budiarto Budiarto, Agus Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi, orang, sarana fisik, dan proses terhadap keputusan pembelian produk rengginang pada toko Rengginang “Mbok Yah”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode pelaksanaan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Metode pengambilan lokasi yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive. Metode pengambilan responden yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling insidental dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi, orang, sarana fisik dan proses berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, secara parsial, variabel produk, harga, promosi, sarana fisik, dan proses berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan saluran distribusi, dan orang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Rengginang

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, Lilik. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 20 (1), 26-38, Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse/article/view/3248/2513.

Anggraeni, Rusandina. (2018). Analisis Determinan Nilai Perusahaan Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Angipora, Marius P. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. (Edisi Revisi Cetakan ke-2). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Brata, B.H. Husani, S. Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, price, Promotion, and Location to Product Purchase on Nitchi At PT Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies. 2, 433-445, Diakses dari http://scholarsmepub.com/wp-content/uploads/2017/05/SJBMS-24B433-445.pdf.

Claudya, Stephany. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Air RO di KER-RO Bekasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen. 17 (2), 115-124, Diakses dari https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JIAM/article/view/703.

Ghassani, Nadisha. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Edamame Oleh Konsumen Rumah Tangga Pada Pasar Swalayan. Forum Agribisnis. 11 (2), 167-181, Diakses dari https://journal.ipb.ac.id/index.php/fagb/article/view/35065.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi ke-8). Semarang: Badan Penerbit – UNDIP.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2016). Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kelvin Lane. (2016). Marketing Management. (15th Edition). London: Pearson Education.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pradipta, Made Prasta Yostitia. (2021). Potensi Wisata Kuliner Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia. 17 (1), 37-47, Diakses dari http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/.

Rosita, Rossa Dea. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 21 (1), 15-25, Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse/article/view/3941.

Sari, Rissa Mustika. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA. 5 (3), 1171-1184, Diakses dari https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1573.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. (Edisi ke-2). Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: ANDI.

Zavira, Caesarilla Maggie. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mi Pedas di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v23i2.8677

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v23i2.8677.g5059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aqilla Julia Chandra, Budiarto Budiarto, Agus Santosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.