Pengaruh Variabel Moneter Terhadap Inflasi Di Indonesia Sejak Penerapan Inflation Targeting Framework (ITF)

Siti Rohmah, Joko Waluyo

Abstract


Inflasi merupakan salah satu permasalahan ekonomi yang menjadi perhatian pemerintah terutama bank sentral karena akan berdampak pada perekonomian suatu negara. Bank Indonesia menerapkan Inflation Targeting Framework sebagai kerangka kebijakan moneter dalam rangka mencapai inflasi yang rendah dan stabil dengan menetapkan BI rate sebagai sasaran operasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel moneter, yaitu BI rate, nilai tukar, dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di Indonesia sejak penerapan Inflation Targeting Framework. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Vector Error Correction Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka panjang hanya variabel BI rate yang berpengaruh signifikan dan negatif terhadap inflasi di Indonesia. Dalam jangka pendek, variabel BI rate dan nilai tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi di Indonesia, sedangkan variabel jumlah uang beredar tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi di Indonesia. BI rate sebagai sasaran operasional kebijakan moneter ITF mampu mendominasi dalam pembentukan inflasi di Indonesia, selain variabel inflasi itu sendiri.


Keywords


Inflation Targeting Framework, VECM, Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar

Full Text:

PDF

References


Agustin, S. P., & Anis, A. (2021). Pengaruh Guncangan Variabel Moneter Terhadap Nilai Tukar Dan Inflasi di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, 03(03), 49-64

Bank Indonesia. (2023). Data Inflasi. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/statistik/indikator/data-inflasi

Don Sama Lelo, Y., Dwi Astuti, R., & Suharsih, S. (2018). the Determinant of Inflation in Indonesia: Partial Adjustment Model Approach. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 19(2), 157–166.

Hariyanti, D., Soekapdjo, S. (2020). Pengaruh Ekonomi Global dan Domestik Terhadap Inflasi di Indonesia. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, 5(1), 64.

Henira, E. M., Masbar, R., & Seftarita, C. (2021). Volatilitas inflasi sebagai fenomena kombinasi moneter-fiskal di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 14(2), 243-431.

Janah, I. U., & Pujiati, A. (2018). Analisis Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Jalur Ekspektasi dalam Mempengaruhi Inflasi di Indonesia. Economics Development Analysis Journal, 7(4), 384-394.

Mankiw, N. G. (2003). Teori Makro Ekonomi Terjemahan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Masyhuri, A. kadir, Rokhadi, P., & Rokhimah, G. S. (2008). Penerapan Kebijakan Moneter dalam Kerangka Inflation Targeting di Indonesia (Seri Keban, Issue 21). PPSK Bank Indonesia.

Setiartiti, L., & Hapsari, Y. (2019). Determinants of Inflation Rate in Indonesia. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 20(1).

Silasa, H. A. D. (2016). Analisis Jangka Panjang dan Jangka Pendek Variabel Makroekonomi dalam Upaya Menstabilkan Inflasi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UNAIR, 1-18.

Simorangkir, I., & Suseno. (2015). Sistem dan Kebijakan Nilai Tukar. Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK).

Soebagiyo, D., & Utami, A. T. (2013). Determinants of Inflation in Indonesia; The Money Supply, Exchange Rate, Or Foreign Exchange Reserves? Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 14(2), 144–152.

Suseno, & Astiyah, S. (2009). Inflasi. In Bank Indonesia (Seri Keban, Issue 22). PPSK Bank Indonesia.

Warjiyo, P., & Juhro, S. (2016). Kebijakan Bank Sentral: Teori dan Praktik (Cetakan 1). Rajawali Pers.

Widarjono, A. (2007). Ekonometrika: Teori dan Aplikasi (Edisi Kedua). Ekonisia.

Wijaya, A. P., & Juliannisa, I. A. (2023). Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Pembayaran Nontunai Dan Bi Rate Terhadap Inflasi Di Indonesia. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 10(1), 30–41.

Zahari, M. M., Si Syamsuri, M., Meme Rukmini, Ms., Muhammad Asir, C., Ir Hj Marhawati, Ms., Harti Oktarina, Ms., Rukun Santoso, Mp. H., & Setiawan, Z. (2021). Teori Ekonomi Makro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JER (Jurnal Ekonomi Regional)

Published: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Managed by: Program Studi Magister Ilmu Ekonomi
Address: Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55283
E-mail: jurnaljer@upnyk.ac.id

View My Stats

Creative Commons License
JER (Jurnal Ekonomi Regional) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY 4.0).