Penguatan Ideologi Pancasila di Kalangan Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta

Asha Uswatun Hasanah Fardede

Abstract


Pancasila mulai tergeser saat terjadi krisis yang mengakibatkan keterpurukan di hampir semua bidang kehidupan. Nilai-nilai pancasila yang perlu diestafetkan dari generasi tersebut dapat melalui pendidikan tentang pancasila di perguruan tinggi. Pendidikan tentang pancasila dalam kurikulum sekarang merupakan mata kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi. Pendidikan Pancasila merupakan salah satu cara untuk menanamkan pribadi yang bermoral dan berwawasan luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Permasalahan yang diangkat dalam jurnal ini adalah seberapa besar tingkat pengetahuan dan pemahaman Ideologi Pancasila di kalangan mahasiswa bagaimana solusi untuk menguatkan kembali Ideologi Pancasila dikalangan mahasiswa. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh penelitian melalui angket atau kuesioner. Angket atau kuesioner yang digunakan adalah berdasarkan cara menjawab yaitu angket dan kuesioner tertutup. Dari  penelitian didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa hampir seluruh responden pengalaman nilai nilai Pancasila secara signifikan.


Keywords


Pancasila, Nilai, Mahasiswa, Penguatan.

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., & Susanto, E. (2002). Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01),121-138.

Aulia, S. S. (2011). Pancasila di Arus Globalisasi Dalam Memperkuat Reformasi Moral Indonesia. Seminar Nasional : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Reformasi, 76-84.

Hermansyah, Depan.(2014). Tanggung Jawab Pemuda terhadap Masa Depan Pancasila. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 4(21), 607-631.

Hakam, K. A. (2000). Pendidikan Nilai. Bandung; MKDU Press.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mona, Muhammad. (2020). Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(1), 121-138.

Muhajidir, N .(2000). Ilmu pendidikan dan perubahan sosial; Teori pendidikan pelaku sosial kreatif. Yogyakarta; Rake Sarasin.

Oesman & Alfian. (1991). Pancasila Sebagai Ideologi. Jakarta: UI-Press

Rohmatul Faisal (2020). (Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Islam Untuk Generasi Milenial). Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Malang.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i2.5797

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i2.5797.g4734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.