Upaya Pelestarian Kekayaan Alam Indonesia Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila

Lisandra Okta Alfiani, Lisandra Okta Alfiani

Abstract


Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanahairenergi suryamineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun dalam  lautan. Kekayaan lingkungan yang sangat beragam harus dijaga dan dilestarikan guna keberlangsungan kehidupan yang dinamis dan statis.Penelitian ini akan berfokus pada keselarasan nilai-nilai Pancasila dalam upaya pelestarian kekayaan di Indonesia.Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka dengan meninjau dari panduan buku,skripsi maupun sumber lainnya.Perlunya upaya pelestarian kekayaan alam yang ada di Indonesiayang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ini menjadi latar belakang masalah yang akan dibahas dalam penelitian kali ini,kemudian adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui keselarasan antara nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dengan upaya-upaya pelestarian kekayaan alam Indonesia.Indonesia merupakan negara yang kaya akan beragam budaya dan beragam kenampakan alamnya dari wilayah Sabang hingga Merauke.Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pelestarian lingkungan yang tentunya selaras dengan dasar negara yaitu Pancasila.

 


Keywords


Lingkungan,Kelestarian Alam,Pancasila

Full Text:

PDF

References


Abdi, Husnul. Macam-Macam Tanah di Indonesia,Karakteristik,dan Persebarannya. Diakses 19 Oktober 2021,diakses https://hot.liputan6.com/read/4573560/macam-macam-tanah-di-indonesia-karakteristik-dan-persebarannya

Aggraini, Ririn. 2018. Program Kepramukaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Negeri Jakarta

Alfrendi, Jonathan. Indonesia Kaya Akan Potensi Sumber Daya Alam Indonesia,Apa Saja. Diakses 19 Oktober 2021, diakses dari https://bobo.grid.id/read/082358655/indonesia-kaya-akan-potensi-sumber-daya-alam-indonesia-apa-saja?page=all

Arum, I. S, Handayani, I. G. A. K. R., & Najicha, F. U. (2021). Pertanggungjawaban Indonesia Terhadap Pencemaran Udara Akibat Kebakaran Hutan dalam Hukum Internasional. Justitia Jurnal Hukum, 6(1).

Dewi, S. H. S., Handayani, I. G. A. K. R.,& Najicha, F. U. Kedudukan dan Perlindungan Masyarakat Adat dalam Mendiami Hutan Adat. Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, vol 4.

Fadhila, H. I. N.,& Najicha, F. U. Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilia-Nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,vol 4.

Hermawan, S., Najicha, F. U., & Waluyo. Law in the Globalization and Its Influence on Economic Development and Environmental Preservation based on Pancasila and the Indonesian Constitution of 1945. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 348.

Kartika, Y.D. Sejarah Lahirnya Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia yang Sah.. Diakses 19 Oktober 2021. diakses dari https://www.suara.com/news/2021/05/27/073131/sejarah-lahirnya-pancasila-sebagai-dasar-negara-indonesia-yang-sah?page=all

Kunto, A.W. Refleksi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pelestarian Alam Indonesia. Diakses 19 Oktober 2021, diakses dari https://www.mongabay.co.id/2018/06/08/refleksi-nilai-nilai-pancasila-dalam-pelestarian-alam-indonesia/

Najicha, F. U. Dampak Kebijakan Alih Fungsi Kawasan Hutan Lindung menjadi Areal Pertambangan Berakibat pada Degredasi Hutan. Proceeding of Conference on Law and Sosical Studies, 2798-0103.

Septianingsih, Ayu. 2015. Pentingnya Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Skripsi. Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila UGM.

Wianto, V. C. A. 2020. Pancasila Sebagai Aalat Pemersatu Bangsa. Diakses dari https://binus.ac.id/character-building/pancasila/pancasila-sebagai-alat-pemersatu-bangsa/ pada 02 Februari 2021. Jakarta: Binus University.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i2.6417

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i2.6417.g4733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.