PERLUNYA OPTIMALISASI TOL LAUT SEBAGAI SARANA PENUNJANG PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31315/jpw.v1i1.4649Abstract
Transportasi darat, udara, maupun laut memegang peranan penting sebagai sarana untuk distribusi dan pemerataan logistik ke seluruh negeri. Tulisan ini mendeskripsikan dan menganalisis fakta di lapangan mengenai efektivitas kebijakan pemerintah membuat program tol laut dalam upaya untuk menyejahterakan rakyat Indonesia dengan menurunkan disparitas harga antara wilayah Indonesia barat dan Indonesia timur. Tujuan penelitian ini dalah untuk memberikan gambaran solusi ideal untuk mengatasi kendala implementasi tol laut. Penelitian dilakukan dengan kualitatif dengan mengkaji literatur yang berhubungan dengan operasional tol laut. Menurut data yang bersumber dari buku, jurnal, dan artikel, tulisan ini menghasilkan sebuah analisis bahwa: 1. operasi tol laut belum sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan, yakni pelayaran yang rutin dan terjadwal, 2. program tol laut belum sepenuhnya efektif dalam menurunkan disparitas harga karena salah sasaran dalam pemberian subsidi, 3. tidak adanya angkut balik dari wilayah Indonesia Timur sehingga kapal yang berlayar dari timur sering kosong.
Kata kunci: tol laut, pembangunan ekonomi, disparitas harga
References
Muhammad, S. V. (2014). Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia. Info Singkat Hubungan Internasional, vol 4 (21) hal 5-8.
Pardosi, A. S. (2016). Potensi dan Prospek Indonesia Menuju Poros Maritim. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, vol 4 (1) hal 17-26.
Somatri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Jurnal Sosial Humaniora "Makara", Vol XI.
Wibowo, W. (2017). Kemaritiman Indonesia: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, vol 4 (2) hal 211-222.
Yamin, M. (2015). Poros Maritim Indonesia Sebagai Upaya Membangun Kembali Kejayaan Nusantara. jurnal INSIGNIA, VOL 2 (2) hal 67-81.
Yanyan M. Yani, I. M. (Agustus 2015). Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia: Suatu Tinjauan Geopolitik. Jurnal Pertahanan , vol 5 (2) 25-51.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Copyright of this journal is possession of Pena Wimaya Journal, article is by the knowledge of the author, whilst the moral right of the publication and the copyright of article belongs to the author.
2. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-Non Commercial-No Derivative (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Pena Wimaya Journal has the right to change the format, republish with the author's name and archive articles.
4. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Pena Wimaya Journal is not responsible for copyright violation other than the three aims mentioned above.