PERLUNYA OPTIMALISASI TOL LAUT SEBAGAI SARANA PENUNJANG PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

Umi Salamah, Umi Salamah

Abstract


Transportasi darat, udara, maupun laut memegang peranan penting sebagai sarana untuk distribusi dan pemerataan logistik ke seluruh negeri. Tulisan ini mendeskripsikan dan menganalisis fakta di lapangan mengenai efektivitas kebijakan pemerintah membuat program tol laut dalam upaya untuk menyejahterakan rakyat Indonesia dengan menurunkan disparitas harga antara wilayah Indonesia barat dan Indonesia timur. Tujuan penelitian ini dalah untuk memberikan gambaran solusi ideal untuk mengatasi kendala implementasi tol laut. Penelitian dilakukan dengan kualitatif dengan mengkaji literatur yang berhubungan dengan operasional tol laut. Menurut data yang bersumber dari buku, jurnal, dan artikel, tulisan ini menghasilkan sebuah analisis bahwa: 1. operasi tol laut belum sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan, yakni pelayaran yang rutin dan terjadwal, 2. program tol laut belum sepenuhnya efektif dalam menurunkan disparitas harga karena salah sasaran dalam pemberian subsidi, 3. tidak adanya angkut balik dari wilayah Indonesia Timur sehingga kapal yang berlayar dari timur sering kosong.

Kata kunci: tol laut, pembangunan ekonomi, disparitas harga

 


Full Text:

PDF

References


Muhammad, S. V. (2014). Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia. Info Singkat Hubungan Internasional, vol 4 (21) hal 5-8.

Pardosi, A. S. (2016). Potensi dan Prospek Indonesia Menuju Poros Maritim. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, vol 4 (1) hal 17-26.

Somatri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Jurnal Sosial Humaniora "Makara", Vol XI.

Wibowo, W. (2017). Kemaritiman Indonesia: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, vol 4 (2) hal 211-222.

Yamin, M. (2015). Poros Maritim Indonesia Sebagai Upaya Membangun Kembali Kejayaan Nusantara. jurnal INSIGNIA, VOL 2 (2) hal 67-81.

Yanyan M. Yani, I. M. (Agustus 2015). Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia: Suatu Tinjauan Geopolitik. Jurnal Pertahanan , vol 5 (2) 25-51.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpw.v1i1.4649

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpw.v1i1.4649.g3488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.