Diplomasi Komersial Indonesia: Studi Kasus 5 Destinasi Super Prioritas Tahun 2019-2022

Amanda Ibel Anzela

Sari


Pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian banyak negara, salah satunya Indonesia. Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam melimpah, Indonesia memanfaatkan sumber daya alamnya menjadi destinasi pariwisata. Dari sekian banyak destinasi pariwisata yang ada di Indonesia, Bali tetap menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan karena wisata alamnya yang melimpah, kekayaan budaya hingga kuliner yang beragam dengan sarana dan prasarana yang memadai. Melihat hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia kemudian membentuk 5 Destinasi Super Prioritas sebagai upaya dalam mengembangkan destinasi-destinasi yang mencakup Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang dari segi infrastruktur dan ekonomi kreatif. Penelitian ini menjelaskan mengenai bagaimana upaya diplomasi pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke 5 Destinasi Super Prioritas dengan menggunakan konsep diplomasi komersial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang bersifat primer melalui wawancara dan sekunder yang bersumber dari buku, jurnal dan artikel resmi mengenai 5 Destinasi Super Prioritas. Hasil penelitian akan dipublikasikan dalam Jurnal Pena Wimaya.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alamsjah, M. Iqbal. 2016. “Paparan Kementerian Pariwisata RI untuk KIDi ke-6 2016”. Biro Hukum dan Komunikasi Publik. Kementerian Pariwisata. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Paparan%20Kemenpar%20untuk%20KIDI%202016.pdf. Diunduh pada 25 Januari 2023

Al Khoiriyah, N. F. 2021. “Diplomasi Komersial Indonesia di Era Digital Melalui Next Indonesia Unicorn (NEXTICORN)”. SIYAR Journal. Vol. 1 No 1. Hal 89-90.

Arum, Ajeng Sekar dan Dadan Suryadipira. 2021. “Diplomasi Komersial: Promosi Perdagangan dan Investasi Indonesia terhadap Kenya Pasca KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) Di Era Presiden Joko Widodo (2015-2019)”. Padjadjaran Journal of International Relations, Vol. 3 No. 2. Hal. 277.

Badan Pusat Statistik. 2021. Data Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Indonesia. Diunduh pada 16 Januari 2023

Badan Pusat Statistik. 2021. Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Bali Menurut Pintu Masuk. Diunduh pada 16 Januari 2023

CNN Indonesia. Dua Penghargaan yang Diraih Bali dalam World Awards 2022. 2023 https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230206150226-269-909498/dua-penghargaan-yang-diraih-bali-dalam-world-travel-awards-2022

Denzin, Normal dan Lincoln, Yvonna. 2004. Handbook of Qualitative Research. (2nd edition). California: Sage Publication.

Djawahir, Kusnan. 2019. “Indonesia Incorporated untuk Pacu Pertumbuhan Pariwisata”. SWA https://swa.co.id/swa/trends/marketing/indonesia-incorporated-untuk-pacu-pertumbuhan-pariwisata

Djelantik, Sukawarsini. 2008. Diplomasi antara Teori & Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Johana, Kornelia. 2020. “Strategi Komunikasi Pemasaran 10 Destinasi Pariwisata Prioritas “Bali Baru” di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 1 No. 6. Hal. 632.

Hendriyani, I Gusti Ayu Dewi. 2023. “Siaran Pers: Bali Masuk 10 Destinasi Terpopuler Dunia Versi TripAdvisor Ungguli London dan Paris” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-bali-masuk-10-destinasi-terpopuler-dunia-versi-tripadvisor-ungguli-london-dan-paris

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Bali Raih Penghargaan Best Destination of The Year. 2019. https://kemlu.go.id/bangkok/id/news/2234/bali-raih-penghargaan-best-destination-of-the-year

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. 2019. “Promosi Destinasi Wisata Super Prioritas di Kota Frankfurt”. https://kemlu.go.id/frankfurt/id/news/3616/promosi-destinasi-wisata-super-prioritas-di-kota-frankfurt. Diunduh pada 27 Januari 2023

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. 2021. “Sinergi Promosi Budaya Pariwisata dan Perdagangan Indonesia di Hong Kong:. https://kemlu.go.id/portal/id/read/2731/berita/sinergi-promosi-budaya-pariwisata-dan-perdagangan-indonesia-di-hong-kong. Diunduh pada 27 Januari 2023

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2019. “Destinasi Super Prioritas”. https://info5dsp.kemenparekraf.go.id/. Diunduh pada 26 Desember 2022

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2022. “Sandiaga Rangkul G20 Investasi di 5 Destinasi Super Prioritas”. https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/sandiaga-rangkul-g20-investasi-di-5-destinasi-super-prioritas/. Diunduh pada 27 Januari 2023

M Erza Killian, P. “Pemerintah Daerah dalam Diplomasi Ekonomi Indonesia: Studi Kasus pada Diplomasi Komersial Jawa Timur”. Jurnal Ilmiah Transformasi Global. Vol 2, No. 2. Hal. 21

Nguyen, Quang Hai. 2021. “Impact of Investment in Tourism Infrastructure Development on Attracting International Visitors: A Nonlinear Panel ARDL Approach Using Vietnam’s Data”. Economies. Vol 9, No. 3. Hal 12-15.

Okano-Heijmans, Maaike. 2013. Economic Diplomacy: Japan and the Balance of National Interests. Leiden: Martinus Nijhoff Publishers.

Prayogo, Rangga Restu. 2018. “Perkembangan Pariwisata Dalam Perspektif Pemasaran”. Bandung: Lontar Digital Asia.

Putra, Angga Sonia Eko dan W.E Tinambunan.“Analisis Strategi Kebijakan Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat”. Hal 8-11

Satori, Djama’an dan Komariah, Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. (2nd edition). Bandung: Alfabeta.

Siregar, R. A., Wiranegara, H. W., & Hermantoro, H. 2018. “Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir”. Tataloka. Vol 20, No. 2. 100-112

Sowwam, Muhammad. 2018. “Laporan Akhir: Kajian Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia” Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Bisnis. Universitas Indonesia. Hal. 36 https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Paparan%20Kemenpar%20untuk%20KIDI%202016.pdf. Diunduh pada 27 Januari 2023

UN World Tourism Organization. 2021. “Glossary of Tourism Terms”. https://www.unwto.org/glossary-tourism-terms#:~:text=Tourism%20is%20a%20social%2C%20cultural,personal%20or%20business%2Fprofessional%20purposes.

UN World Tourism Organization. 2021. “Tourism - An Economic and Social Phenomenon”. https://www.unwto.org/why-tourism. Diakses pada 25 Januari 2023

Uno, Sandiaga. 2022. “5 Destinasi Super Prioritas, Sandiaga: Tapi Infrastrukturnya Belum Berkelas”. https://www.youtube.com/shorts/fjXieSiHyYY. Diunduh pada 17 Januari 2023

VOI. 2022. “Sandiaga Uno Takes Advantage Of Qatar's 2022 World Cup For The 'Jual' Of Indonesian Tourism And Creative Economy Destinations''. https://voi.id/en/economy/232790#:~:text=This%20campaign%20is%20complemented%20by,%2C%20Labuan%20Bajo%2C%20and%20Likupang. Diunduh pada 27 Januari 2023

Wahyudin, Dindin. 2020. “Indonesia Incorporated, Strategi Penting dalam Menembus Pasar Afrika Barat” Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia https://kemlu.go.id/dakar/id/news/10060/indonesia-incorporated-strategi-penting-dalam-menembus-pasar-afrika-barat#:~:text=Indonesia%20Inc.%20adalah%20strategi%20dimana,lainnya%20dalam%20membangun%20perekonomian%20nasional.

Wonderful Indonesia. Menang TripAdvisor Award 2021, Bali jadi Wisata Terpopuler di Dunia!. https://www.indonesia.travel/id/id/berita/menang-tripadvisor-award-2021-bali-jadi-wisata-terpopuler-di-dunia




DOI: https://doi.org/10.31315/jpw.v3i2.9580

DOI (PDF (English)): https://doi.org/10.31315/jpw.v3i2.9580.g5635

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.