Respon Pertumbuhan Cabai Di Tanah Latosol Terhadap Aplikasi Pupuk Organik Cair Sampah Rumah Tangga Menggunakan Teknik Ember Tumpuk

Gabriella Bunga Patricia, Ali Munawar, R. Agus Widodo

Abstract


Penggunaan Latosol sebagai lahan pertanian bagi tanaman cabai memiliki faktor pembatas yaitu kandungan hara yang rendah, oleh karena itu pemberian pupuk menjadi penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pertumbuhan vegetatif tanaman cabai di tanah Latosol terhadap konsentrasi dan cara pemberian Pupuk Organik Cair (POC). Percobaan dilakukan pada tanaman cabai rawit yang ditanam pada polybag menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor dengan kombinasi (3x3) + 1 kontrol. Faktor Pertama yaitu konsentrasi POC, terdiri dari kontrol (0 ml/L), 5 ml/L, 10 ml/L, dan 15 ml/L dan faktor kedua yaitu cara pemberian POC pada tanaman meliputi pemberian melalui tanah, melalui daun, dan kombinasi melalui tanah dan daun. Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Parameter pengamatan meliputi sifat kimia tanah, POC, dan pertumbuhan tanaman. Data hasil yang diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan analisis ragam (ANOVA) dan uji Contrast Orthogonal untuk mengetahui beda nyata antara perlakuan dan kontrol, bila ada pengaruh dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan pemberian POC konsentrasi 15 ml/L melalui daun (A2D3) secara signifikan meningkatkan jumlah daun, bobot segar akar, dan bobot segar tanaman. Sementara itu, pada konsentrasi yang sama pemberian melalui tanah (A1D3) meningkatkan nilai N-total, P-tersedia, dan K-tersedia tanah.

 


Keywords


Tanaman cabai;Latosol;cara pemberian;konsentrasi;pupuk organik cair;sampah rumah tangga;teknik ember tumpuk

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., N. Sunarlim, dan B. Solfan. 2011. Pengaruh urine sapi terfermentasi dengan dosis dan interval pemberian yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea L). Jurnal Agroteknologi 2: 1-5.

Chairiyah, N., A. Murtilaksono, M. Adiwena, dan R. Fratama. 2022. Pengaruh Dosis Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) di Tanah Marginal. Jurnal Ilmiah Respati 13: 1-8.

Dafrinal, R. Widiana dan A. Lusi. 2012. Kepadatan Populasi Kutu Daun (Myzus persicae) dan Predatornya (Monoshillus sexmaculata) pada Tanaman Cabe (Capsicum annum) di Kecamatan Kotoparik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Program Studi Pendidikan Biologi dan Ilmu Pendidikan STKIP PGRI Sumatera Barat.

Fitra, Y. 2013. Pengaruh Konsentrasi POC NASA dan Pupuk Kandang terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) SKRIPSI. Universitas Teuku Umar Meulaboh Aceh Barat.

Hariyadi, S. Winarti, dan Basuki. 2020. Kompos dan pupuk organik cair untuk pertumbuhan dan hasil cabai rawit (Capsicum frutescens) di tanah gambut. Journal of Environment and Management 2: 61-70.

Lesmana, R. Y., dan N. Apriyani. 2019. Pemanfaatan Air Lindi Sebagai Pupuk Cair Dari Sampah Organik Skala Rumah Tangga Dengan Penambahan Bioaktivator EM-4. Media Ilmiah Teknik Lingkungan 4: 16-23.

Pamungkas, R.Y. dan B. Prasetya. 2017. Pemanfaatan bakteri penambat N sebagai pupuk hayati dan pengaruhnya terhadap serapan nitrogen tanaman kedelai pada Alfisol. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan 4: 533-541.

Rajak, O., J. R. Patty, dan J. I. Nendissa. 2016. Pengaruh Dosis dan Interval Waktu Pemberian Pupuk Organik Cair BMW Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Jurnal Budidaya Pertanian 12(2): 66-73

Soepardi, G.1983. Sifat dan Ciri Tanah. Bogor: Institut Pertanian Bogor Press.

Susianti, F., I, D. M. Arthagama, A. N. Supadma. 2022. Evaluasi Status Kesuburan Tanah untuk Arahan Pengelolaan Kesuburan Tanah di Desa Pajahan, Kec Pupuan, Kabupaten Tabanan. Jurnal Agroteknnologi Tropika 11: 10-19




DOI: https://doi.org/10.31315/jta.v20i1.13211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Jurnal Tanah dan Air ISSN 1411-5719 (print) , ISSN 2655-500X (online)