KAJIAN KINERJA WASTE WATER TREATMENT FACILITY (NG_CPS) DAN KUALITAS AIR PERMUKAAN PADA SUNGAI LAGAN JABUNG BLOCK, DI KECAMATAN GERAGAI, KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR, PROVINSI JAMBI PETROCHINA INTERNATIONAL JABUNG LTD

Darma Samuel Hutajulu

Abstract


Eksploitasi dan Eksplorasi yang dilakukan oleh Petrochina International Jabung Ltd menghasilkan produk minyak dan gas. Air dari hasil backwash dari media filter berpotensi sebagai pencemar. Untuk meminimalkan dampak yang dapat ditimbulkan oleh limbah tersebut, maka diperlukan pengolahan dengan WWTF (Waste Water Treatment Facility). Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui karakteristik kimia dari setiap air buangan (backwash water) pada inlet maupun outlet pada WWTF, (2) mengetahui fungsi dari setiap unit WWTF di dalam melakukan pengolahan air buangan (backwash water), (3) mengetahui hasil analisis laboratorium terhadap kualitas air sungai Lagan dari pengolahan yang dilakukan pada WWTF di NG_CPS serta hubungan antar tiap parameter.

Metode yang digunakan adalah metode survey untuk observasi dan penentuan pengambilan sampel di  lapangan dan metode analisis laboratorium untuk hasil sample air, baik di inlet maupun outlet WWTF. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik korelasi berganda dan analisis deskriptif. Baku mutu yang digunakan adalah Permen LH no.19 tahun 2010 dan PP no. 82 thn 2001.

Dari hasil analisis kualitas air backwash pada inlet WWTF selama dua minggu di laboratorium, didapatkan karakteristik kimia air yang pengukurannya berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 19 Tahun 2010.  Hasil pengamatan menunjukan adanya emulsi minyak yang tinggi (COD>1000, TSS>750) sehingga mengakibatkan peningkatan COD dan TSS pada air backwash. Untuk air permukaan, sungai Lagan telah memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan. Hubungan antar parameter menunjukkan pengaruh positif pada koefisien regresi TSS, yaitu sebesar 0,003, artinya jika terjadi kenaikan TSS sebesar 1 satuan (unit) maka pH akan meningkat sebesar 0,003. Hubungnan antara TDS dan TSS terhadap nilai oil content tidak menunjukkan signifikansi. Terdapat ketidak-efektifan pada unit alat oil mist separator yang disebabkan oleh emulsi minyak yang cukup tinggi. Arahan Pengelolaan untuk pengendalian pencemaran dilakukan dengan 2 cara, yaitu pendekatan teknologi dan pendekatan institusi.

Kata kunci: air buangan, WWTF (Waste Water Treatment Facility), kualitas air.


References


Alert dan Santika, S.S., 1984. Metoda Penelitian Air. Surabaya Usaha Nasional Anonim, 2006, RKL/RPL, Petrochina Internasional Ltd

Anonim, 2010, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 19 Tahun 2010 tentang baku mutu air limbah bagi usaha dan atau kegiatan minyak dan gas serta panas bumi.

Anonim, 2009, Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air.

Asdah, Chay, M.Sc.,1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Astri Nugroho, 2006, “Bioremediasi Hidrokarbon Minyak Bumi”, Graha Ilmu Universtitas Trisakti, Indonesia

Isyuniarto, dkk. 2005. Degradasi Febol Dalam LImbah Pengolahan Minyak Bumi Dengan Ozon. Yogyakarta. Prosiding PPI – PDIPTN. Batan

Kormanik, R. I., 1974, Factor Influencing Batch Flotation Tests, Jour. Water Pollution Control, hal. 2056

Mishra S, Jyot J, Kuhad RC, Lal B. 2001. Evaluation of inoculum addition to stimulate in situ bioremediation of oily-sludge-contaminated soil. Appl Environ Microbiol 4:1675-1681.

Notodarmojo Suprihanto, Mayasanthy Dini, dan Zulkarnain Teuku. Pengolahan Limbah Cair Emulsi dengan Proses Membran Ultrafiltrasi Dua-tahap Aliran Cross-flow. Proc.ITB Sains & Tek. Vol 36A No.1, Bandung, 2004

Dr. Rizal Ramli – Saksi Ahli Perkara Nomor 36/PUU-X/2012 Pengujian UU Migas No 22 Tahun 2001 pada tanggal 18 Juli 2012




DOI: https://doi.org/10.31315/jilk.v1i1.3269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Lingkungan Kebumian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Editorial Office;

Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta.
Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condongcatur, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486400, Email:jurnaltl@upnyk.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Lingkungan Kebumian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.