Kajian Rencana Teknis Untuk Pengendalian Erosi Di Waste Dump Serujan Selatan PT Indo Muro Kencana Kabupaten Murung Raya Kecamatan Tanah Siang Provinsi Kalimantan Tengah

Anggera Bona Pangestu, Edy Nursanto, Wawong Dwi Ratminah

Abstract


Kegiatan penambangan emas yang dilakukan oleh PT Indo Muro Kencana menggunakan sistem tambang terbuka (Open Pit). Akibat kegiatan penambangan dilakukan secara terus – menerus, maka pada saat ini telah menimbulkan dampak negatif yaitu adanya degradasi lahan (erosi). Untuk mencegah proses degradasi berlanjut terhadap lingkungan perlu dilakukan cara penambangan yang baik dan benar (Good Mining Practice) dan melakukan upaya reklamasi secara terencana pada lahan bekas penambangan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Rancangan teknis penataan lahan yang direkomendasikan untuk mengurangi laju erosi adalah dengan pembuatan teras bangku dengan dimensi yang digunakan single slope 28°, tinggi lereng tunggal 7 meter, overall slope angle 17° dengan ketinggian 30 meter sebagai pengelolaan tanah (P) dan penanaman tumbuhan kacang – kacangan pada timbunan. Digunakan tumbuhan kacang – kacangan. Tumbuhan ini disarankan karena selain mengurangi laju erosi dapat memperbaiki struktur tanah dengan mengikat nitrogen dan menambah bahan organik tanah. Sehingga kondisi tanah dapat menjadi lebih baik dan dapat digunakan untuk tanaman – tanaman lain, sehingga lokasi waste dump tersebut sesuai dengan RTRW Kabupaten Murung Raya yang digunakan sebagai agrowisata atau lokasi pariwisata.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan laju erosi pada lokasi timbunan di WIUP PT Indo Muro Kencana (IMK), Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 1543,65/ha/tahun termasuk dalam kategori erosi sangat berat. Seterlah dilakukan rancangan teknis penataan lahan, erosi pada lokasi waste dump serujan selatan berkurang menjadi 10,45 ton/ha/tahun, termasuk kategori kelas normal.

 

Kata Kunci: reklamasi; good mining practice; rancangan teknis penataan lahan; waste dump; erosi


References


Fera A.P, (2012). Manajemen Reklamasi Kawasan Pertambangan Sebagai Salah Satu Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Tinjau Dari Aspek Lingkungan. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Lingkungan

Hepryandi, U, (2015). Rencana Reklamasi Tambang Emas Rakyat di Hampalit Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Fakultas Teknologi Mineral Program Pascasarjana Teknik Pertambangan.

Heru Suharyadi, (2015). Rencana Penataan Lahan Dan Penanggulangan Erosi Pada Kegiatan Reklamasi Penambangan Andesit CV. Handika Karya Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Fakultas Teknologi Mineral Program Sarjana Teknik Pertambangan.

Hirfan, H, (2016). Strategi Reklamasi Lahan Pasctambang, Jurnal Ilmiah Ilmu – Ilmu Teknik, Vol. 1 (1), Maret 2016 : 101 - 108 102.

Keputusan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 1827 Tahun 2018 Tentang Kaedah Pengelolaan Pertambangan Yang Baik Dan Benar

Kristanto, J, (2019). Pengendalian Erosi Pada Timbunan Top Soil dan Overburden di PT. Harmak Indonesia, Desa Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Fakultas Teknologi Mineral Program Pascasarjana Teknik Pertambangan.

Neneng, L, dan Tanduh, Y, (2014). Pengembangan Metode Reklamasi Terpadu Pada Lahan Pascatambang Emas Untuk Budidaya Tanaman Perkebunan Di Kalimantan Tengah. Palangkaraya : Universitas Palangkaraya (Seminar Riset SINas Nomor : RT – 2014 - 474.

Nurkhamim, (2012). Tambang Terbuka, Bahan Kuliah Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2010 Tentang Reklamasi Dan Pascatambang.

Waterman, S, (2018). Reklamasi Dan Pascatambang, Bahan Ajar Progran Magister Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.




DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/jilk.v2i2.3293.g2689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Lingkungan Kebumian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Editorial Office;

Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta.
Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condongcatur, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486400, Email:jurnaltl@upnyk.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Lingkungan Kebumian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.