Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v8i3.131Keywords:
gender, perempuan, ibu rumah tangga, iklanAbstract
Selama ini di Indonesia telah terjadi ketidakseimbangan gender terhadap perempuan dalam rumah tangga. Hal ini terjadi karena dominasi laki-laki terhadap perempuan yang dikuatkan dengan nilai-nilai paternalistik. Perempuan berada dalam posisi yang dirugikan, sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam pembagian pekerjaan rumah tangga. Laki-laki atau kepala rumah tangga selalu berada di atas perempuan atau ibu rumah tangga. Nilai-nilai tersebut juga sering muncul dalam iklan. Penelitian ini mendeskripsikan bias gender dalam iklan televisi Attack Easy versi “Ibuku Cantik saat Mencuci” dengan analisis semiologi Roland Barthes. Hasilnya terdapat kesetaraan gender dan ketidakseimbangan gender. Perempuan mampu mengerjakan pekerjaan berat yang biasa dikerjakan laki-laki, namun masih ditempatkan sebagai ibu rumah tangga.
References
Anne, Anastasi, 1989, Bidang-Bidang Psikologi Terapan, Rajawali Pers, Jakarta.
Barker, Chris, 2000, Cultural Studies : Theory and Practic,Sage Publications, London.
Fakih, Mansour, 2001, Analisa Gender dan Transformasi Gender, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Griffin, Em, 2006, A First Look At Communication Theory, Mc. Graw Hill Book Company, Boston.
Purwasito, Andrik, 2003, Message Studies : Pesan Penggerak Kebudayaan, Ndalem Purwohadiningratan Press, Surakarta.
Sobur, Alex, 2003, Semiotika Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
West, Richard & Lynn H.Turner, 2008, Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, buku 2, Terjemahan, Editor Nina Setyaningsih, Penerbit Salemba Humanika, Jakarta.
Jurnal
Dewi, Machya Astuti, 2009, Media Massa dan Penyebaran Isu Perempuan, Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi B, Volume 7 Nomor 3, Tahun 2009, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN”Veteran” Yogyakarta.
Suasana, Arief Agung, 2001, Hubungan Gender dalam Representasi Iklan Televisi, NIRMANA Vol. 3, No. 1, Januari 2001, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Internet
http://atwarbajari.wordpress.com/2008/04/17/wanita-dan-iklan-tv-ketidakadilan-gender/ diakses 3 Desember 2010. http://www.PTKAO.com diakses 5 Desember 2010.
http://puslit.petra.ac.id/journals/design/, diakses pada 2 Desember 2010).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.