Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi

Authors

  • Alvi Septi Rahmawati Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • Sigit Tripambudi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • Puji Lestari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v8i3.131

Keywords:

gender, perempuan, ibu rumah tangga, iklan

Abstract

Selama ini di Indonesia telah terjadi ketidakseimbangan gender terhadap perempuan dalam rumah tangga. Hal ini terjadi karena dominasi laki-laki terhadap perempuan yang dikuatkan dengan nilai-nilai paternalistik. Perempuan berada dalam posisi yang dirugikan, sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam pembagian pekerjaan rumah tangga. Laki-laki atau kepala rumah tangga selalu berada di atas perempuan atau ibu rumah tangga. Nilai-nilai tersebut juga sering muncul dalam iklan. Penelitian ini mendeskripsikan bias gender dalam iklan televisi Attack Easy versi “Ibuku Cantik saat Mencuci” dengan analisis semiologi Roland Barthes. Hasilnya terdapat kesetaraan gender dan ketidakseimbangan gender. Perempuan mampu mengerjakan pekerjaan berat yang biasa dikerjakan laki-laki, namun masih ditempatkan sebagai ibu rumah tangga.

References

Anne, Anastasi, 1989, Bidang-Bidang Psikologi Terapan, Rajawali Pers, Jakarta.

Barker, Chris, 2000, Cultural Studies : Theory and Practic,Sage Publications, London.

Fakih, Mansour, 2001, Analisa Gender dan Transformasi Gender, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Griffin, Em, 2006, A First Look At Communication Theory, Mc. Graw Hill Book Company, Boston.

Purwasito, Andrik, 2003, Message Studies : Pesan Penggerak Kebudayaan, Ndalem Purwohadiningratan Press, Surakarta.

Sobur, Alex, 2003, Semiotika Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

West, Richard & Lynn H.Turner, 2008, Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, buku 2, Terjemahan, Editor Nina Setyaningsih, Penerbit Salemba Humanika, Jakarta.

Jurnal

Dewi, Machya Astuti, 2009, Media Massa dan Penyebaran Isu Perempuan, Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi B, Volume 7 Nomor 3, Tahun 2009, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN”Veteran” Yogyakarta.

Suasana, Arief Agung, 2001, Hubungan Gender dalam Representasi Iklan Televisi, NIRMANA Vol. 3, No. 1, Januari 2001, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Internet

http://atwarbajari.wordpress.com/2008/04/17/wanita-dan-iklan-tv-ketidakadilan-gender/ diakses 3 Desember 2010. http://www.PTKAO.com diakses 5 Desember 2010.

http://puslit.petra.ac.id/journals/design/, diakses pada 2 Desember 2010).

Published

2014-03-19

Issue

Section

Artikel