Identitas Etnik dalam Komunikasi Politik

Ilyas Lampe

Abstract


Identifikasi identitas etnik yang lazim dilakukan pada masyarakat multietnik senantiasa diarahkan pada situasi dan konteks di mana seseorang berada. Dalam konteks politik, terutama pada lembaga seperti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), identifikasi identitas etnik menjadi hal penting dalam aktifitas politik. Identitas etnik adalah sesuatu yang problematik ketika dihadapkan dengan komunikasi politik, terutama dalam sistem pemilu yang demokratis. Hal tersebut bisa menjadi pembeda atau ko-identifikasi bagi pihak-pihak yang menggunakannya untuk tujuan meraih dukungan politik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan dramaturgi dan etnik situasional. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa atribut artifisial komunikasi politik anggota DPRD Palu seperti pakaian yang digunakan, gaya hidup, kendaraan yang dimiliki dan gaya berkomunikasi merupakan bentuk pengelolaan kesan (impression management) dalam panggung politik. Sementara simbol-simbol identitas etnik yang ditemukan dalam komunikasi politik adalah, klan sebagai identitas, bahasa daerah, logat dan adat istiadat. Beragam simbol tersebut kemudian melahirkan stigma pendatang dan asli sebagai bentuk pembeda dan ko-identifikasi identitas etnik. Istilah pendatang disematkan pada orang yang tidak memiliki ikatan genealogis, perkawinan, tempat lahir dan hubungan erat dengan tokoh beretnis Kaili. Etnik pendatang lalu mengkonstruksi identitas baru yang mereka sebut sebagai “orang Palu”. Penggunaan beragam identitas tersebut juga dilakukan sesuai konteks dan waktu yang dianggap dapat memberikan keuntungan politik, penerimaan sosial dan budaya.


Keywords


identitas etnik, pengelolaan kesan dan etnik situasional

References


Buku Teks

Abdillah S, Ubed, 2002, Politik Identitas Etnis; Pergulatan Tanda Tanpa Identitas, Indonesiatera, Magelang.

Amstrong, M. Jocelyn, 1986, Ethnicity and Ethnic Relations in Malaysia, Center for Southeast Asian Studies, NIU.

Aragon, L.V., 2000, The Colonial Introduction of Religion and Language as Ethnicity in Sulawesi, Indonesia, University of Hawai Press, Honolulu.

Barth, Fredrik, 1988, Kelompok Etnik dan Batasannya, Terjemahan Nining I Susilo, UIP, Jakarta.

Eriksen, Thomas Hilland, 1993, Ethnicity and Nationalism (anthropological perspective) Pluto Press, London.

Horowitz, Donald L.,1981, Ethnic Group in Conflict, University of California Press, California.

Horowitz, Jeremy dan James D. Long, 2006, Democratic Survival in Multietnik Countries, Working Paper, Department of Political Science, University of California, California.

Isaacs, Harold R., 1993, Pemujaan terhadap Kelompok Etnis (Identitas Kelompok dan Perubahan Politik), Terjemahan Canisyius Maran, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Liliweri, Alo, 2007, Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya, LKiS, Jogjakarta.

Liliweri, Alo, 2005, Prasangka dan Konflik, LKiS, Jogjakarta.

Maunati, Yekti, 2004, Identitas Dayak (Komodifikasi dan Politik Kebudayaan) LKiS, Yogyakarta.

Mulyana, Deddy, 2006, Metode Penelitian Kualitatif; Paradigma baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya, Remaja Rosdakarya, Bandung.

______, 2007, Metode Penelitian Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.

______, 2010, Komunikasi Lintas Budaya, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nimmo, Dan, 2005, Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nordholt, Henk Schulte, Klinken, Gerry Van dan Ireen Karang-Hoogenboom (editor), 2007, Politik Lokal Indonesia, KITLV – YOI, Jakarta.

Nordholt, Henk Schutle (ed), 2005, Outward Appearances: Trend, Identitas dan Kepentingan, (diterjemahkan M. Imam Azis), LKiS - KITLV, Yogyakarta.

Peter Harris dan Ben Reilly (ed) Demokrasi dan Konflik yang Mengakar: Sejumlah Pilihan untuk Negosiator, (diterjemahkan oleh LP4M), Cetakan pertama, 2000, AMEEPRO.

Posner, Daniel N., 2005, Institution and Ethnic Politics in Africa, Cambridge University Press, New York.

Suryadinata, Leo, dkk., 2003, Penduduk Indonesia : Etnis dan Agama dalam Era Perubahan Politik, LP3ES.

Rirtosudiro, Riwanto, 2007, Mencari Indonesia; Demografi-Politik Pasca-Soeharto, LIPI – YOI, Jakarta.

Warnaen, Suwarsih, 2002, Stereotipe Etnis dalam Masyarakat Multietnis, Mata Bangsa, Yogyakarta.

Sumber-sumber Lain

Jurnal

Abdullah, Muhammad Zein, 2008, Strategi Komunikasi Politik dan Penerapannya pada Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung di Indonesia Menuju Pemilu yang Berkualitas. Jurnal Observasi Vol. 6 No. 1 Tahun 2008, Penerbit BP2I Bandung kerjasama dengan Simbiosa Rekatama.

Lestari, Puji dkk., 2006, Implikasi Stereotipe Antaretnik terhadap Kompetensi Komunikasi Bisnis Antarbudaya di Kalangan Pengusaha Perak Jawa dan Cina. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 4 Nomor 3, September – Desember 2006, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Jogjakarta.

Maunati, Yekti, 2007, Konstruksi Identitas Masyarakat Lun Dayeh di Kalimantan Timur, Jurnal Srinthil, Edisi 014 tahun 2007, Penerbit Desantara-Ford Foundation.

Rahardjo, Turnomo, 2004, Mindfullness dalam Komunikasi Antaretnis, Jurnal Thesis Volume III No.2 Mei-Agustus 2004, Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.

Rakhmat, Jalaluddin, 1999, Kritik Paradigma Pasca-Posistivisme Terhadap Positivisme, Jurnal ISKI Vol.3/April, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tesis dan Disertasi

Arriani, Lely, 2006, Kekerasan dalam Komunikasi Politik, Disertasi pada Pascasarjana Komunikasi Unpad.

Dilla, Sumadi, 2008, Identitas Etnik Orang Muna Perantau di Kota Bandung, Tesis Pascasarjana Ilmu Komunikasi Unpad, Bandung.

Susiyanto, 2006, Integrasi dan Perubahan Identitas Kelompok Etnik Jawa, Minangkabau, Melayu, Lembak, Rejang dan Serawai dalam Kerangka Etnisitas (Studi di Kota Bengkulu), Disertasi pada Program Pascasarjana Ilmu Sosial Unpad, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v8i3.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats