Desain Layout Dalam Iklan Cetak (Analisis Deskriptif pada Iklan di Majalah Kartini)
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v12i3.1444Keywords:
iklan, magazine, design layout, tipe layout, komunikasi visualAbstract
Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi visual dan salah satu jenis komunikasi pemasaran. Iklan merupakan bentuk komunikasi prabayar yang menggunakan media massa dan media interaktif untuk menjangkau audiens yang luas dalam rangka menghubungkan sponsor yang jelas dengan pembeli dan memberikan informasi tentang produk (barang, jasa, dan gagasan). Layout atau tata letak merupakan perencanaan semua unsur naskah iklan seperti tulisan, gambar, ilustrasi, teks, nama, alamat, dan sebagainya, dengan pengukuran seksama. Dalam sebuah iklan, layout memegang peranan penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis design layout iklan di Majalah Kartini khususnya iklan kosmetik. Metode penelitian yang digunakan analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan yang dinalisis lebih banyak menggunakan tipe the law of variety. The law of variety merupakan design layout iklan yang dibuat bervariasi. Hal ini bertujuan agar iklan yang dibuat lebih bervariasi yaitu teks yang dibuat memiliki ukuran besar dan ketebalan yang berbeda dari huruf yang lain diharapkan dapat memberi tahu pembaca dan dengan huruf yang berbeda itulah produsen ingin menyampaikan inti dari produk tersebut dibuat. Temuan untuk tipe layout adalah type layout jumble. Jumble adalah susunan penyajian iklan yang komposisi beberapa gambar dan teksnya disusun secara teratur. Oleh pembuat iklan tipe layout jumble diharapkan memberikan informasi produk lebih rinci.References
Altstiel, Tom and Jean Grow, 2013, Advertising Creative, Strategy, Copy, Design,Sage Publication, Canada.
Eriyanto, 2011, Analisis Isi, Prenada Media Group, Jakarta.
Jefkins, Frank, 1995, Periklanan, Erlangga, Jakarta
Kasali, Rhenald, 1995, Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Pustaka Grafiti, Jakarta
Kotler, Philip 2001, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba 4 Jakarta
Krippendorff, Klaus, 1993, Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Kusrianto, Adi, 2010. Menyusun Layout iklan, Kompas Gramedia, Jakarta.
Lee dan Johnson, 2004, Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global, Prenada Media, Jakarta
Liliweri, Alo, 1992, Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan, Citra Aditya Bakti, Bandung
Littlejohn, W, Stephen, 1995, Theories Of Human Communication, Wadsworth Publishing Company, USA Madjadikara, A. Agus. 2006. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Mc Quail, Dennis, 1996, Teori Komunikasi Massa, Airlangga, Bandung
Moriarty, Sandra, Nany Mitchell, William Wels, 2009, Advertsising, Person Prentice Hall, New Jersey.
Morrisan. 2012. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Prenada Media, Jakarta.
Rustan, Surianto, 2008, Layout Dasar dan Penerapannya, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rustan, Surianto, 2011, Font dan Tipografi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Santoso, Sigit, 2009. Creative Advertising, IKAPI, Jakarta.
Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam Desin Grafis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Singarimbun, Masri, dan Sofian Effendy, 1989, Metode Penelitian Survei, Midas Surya Grafindo, Jakarta.
Suyanto. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan, Andi, Yogyakarta.
Widyatama, Reza. 2009. Pengantar Periklanan, Pinus, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.