Pengembangan Komunikasi Pemasaran Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v12i3.1446Keywords:
Komunikasi pemasaran sekolah, kurikulum, stake holders, brandingAbstract
Eksistensi sebuah sekolah dapat diperoleh dari pemenuhan kualitas sekolah tersebut. Namun, di Indonesia masih terdapat kesenjangan kualitas sekolah di antara sekolah-sekolah yang ada. Hal ini dapat dilihat dari sumber daya manusia, fasilitas pendukung kurikulum dan sebagainya. Dalam perkembangannya, kemudian dapat diketahui bahwa mutu yang dimiliki oleh sebuah sekolah juga perlu dikomunikasikan kepada semua stake holders sekolah tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan dukungan yang lebih positif dari masyarakat. Komunikasi pemasaran telah lama dikenal di dunia industri dan bisnis profesional. Sekolah pun seharusnya mengelola strategi komunikasi pemasarannya secara cerdas, agar tetap eksis di tengah persaingan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif. Data diambil dari wawancara mendalam, observasi dan penelusuran pustaka. Berdasarkan penelitian, dapat diketahui bahwa keunggulan sebuah sekolah perlu terus menerus diciptakan dan dipelihara melalui berbagai cara seperti kurikulum, manajemen, pengajar dan fasilitas pendukung. Namun, hal tersebut harus dikomunikasikan kepada masyarakat dengan berbagai cara. Komunikasi pemasaran sekolah bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan siswa, tetapi juga memiliki tujuan jangka panjang untuk branding sekolahReferences
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Littlejohn, Stephen W, 1999, Theoriesof Human Communiction, Wadsworth Publishing, Belmont CA
McQuail, Denis, Sven Windahl, 1986, Communication Models for the Study of Mass Communications, Longman, London and New York
Mulyana, Deddy, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Rosda, Bandung
Nasution, Zulkarimein, 1987, Komunikasi Pembangunan : Pengenalan Teori dan Penerapannya, Rajawali Pers, Jakarta
Rogers,EverettM,1995. DiffusionofInnovations. Fourth Edition. Free Press. New York.
Severin, Werner J, James W Tankard, Jr, 1992, Communication Theories : Origins, Methods, and Uses in The Mass Media, Longman, New York
Webster, Frank, 1995, Theories of The Information Society, Routledge, London and NewYork.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.