Studi Resepsi terhadap Komersialisasi Perempuan Dalam Industri Pertelevisian di Indonesia

Dewi Novianti, Sigit Tripambudi

Abstract


Perkembangan industri program siaran televisi di Indonesia semakin meresahkan yang ditandai dengan eksploitasi terhadap tubuh perempuan sebagai alat penarik perhatian. Tontonan seperti ini dikuatirkan berdampak pada mindset penonton terhadap apa yang dianggap benar, etis dan tidak berlawanan dengan tatanan masyarakat. Studi resepsi ini bertujuan melihat pandangan muslimah di Yogyakarta terhadap eksploitasi perempuan dalam program siaran televisi di Indonesia. Berdasarkan analisa teks terhadap isi siaran televisi, yaitu “Mata Lelaki”, “Yuk Keep Smile” dam iklam pompa air “Zimishu”; eksploitasi terhadap tubuh perempuan tidak dapat dipungkiri. Eksploitasi tersebut mencakup pertunjukkan bagian tubuh perempuan yang memiliki daya tarik seksual dan gerakangerakan yang bersifat erotis. Penilaian muslimah di Yogyakarta terhadap acara tersebut terdapat  tiga pendapat. Pertama sama sekali menolak karena tidak sesuai dengan ajaran Islam yang menjunjung tinggi martabat wanita dengan menutup aurat. Kedua, dari sisi gender tidak sepenuhnya setuju karena makna eksploitasi tidak berarti harus menutup aurat sepenuhnya karena makna pornografi berbeda dengan seni dan tradisi. Ketiga, makna eksploitasi tidak selamanya negatif, bisa pula bermakna positif bila digunakan dengan cara yang positif justru bisa memotivasi dan menjadi trigger. Ketiganya sepakat ada konten-konten dari acara televisi yang memang benar-benar mengumbar aurat perempuan atau dengan kata lain mengeksploitasi tubuh perempuan seperti dalam acara YKS, Mata Lelaki dan iklan pompa air Zimishu

Keywords


Studi resepsi, muslimah, komersialisasi perempuan, program televisi, eksploitasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Albarran, Alan B,1996. Media Economic : Understanding Markets, Industries and Concept, USA : State University Press

Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna. 1994. Handbook of Qualitative Research. London : Sage Publications

Fiske, John, Cultural and Communication Studies, Yogyakarta, Jalasutra

Littlejohn, Stephen W. 1999. Theories of Human Communication. sixth edition. California : Wadsworth Publishing Company.

Lull, James.1998. Media, Komunikasi, Kebudayaan : Suatu Pendekatan Global. Terjemahan, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia.

Neuman, W Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. fourth edition. Boston : Allyn and Bacon.

Shoemaker,Pamela J. and Stephen D. Reese,1991,Mediating the Message : Theories of Influence on Mass Media Content, New York : Longman Publishing Group

Sutopo, HB. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS PRESS.

Sumber Jurnal Ilmiah :

Herman, Achmad, dan Jimmy Nurdiansa, 2010, Analisis Framing Pemberitaan Konflik Israel- Palestina dalam Harian Kompas dan Radar Sulteng, Yogyakarta, Jurnal Ilmu Komunikasi, UPN “Veteran” Yogyakarta, terakreditasi B

Sumber Internet :

http://rosit.wordpress.com/2011/03/07/ komersialisasi-televisi-di-era-industri-citra/ diakses tgl 22/03/2014

http://yupazq.blogspot.com/2011/01/sejarahberdirinya-stasiun-tv-nasional.html diakses tgl 22/03/2014

http://www.mahanani.web.id/2012/04/ perkembangan-pertelevisian-dunia-dan.html diakses tgl 22/03/2014 teraswacana.blogspot.com, diakses tgl : 27/03/2014

http://eprints.uny.ac.id/4803/1/teori_resepsi_ dan_penerapannya.pdf 22/03/2014

Devin Prastyia, teras wacana.blogspot. com,diakses tgl : 03/27/2014)




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v13i1.1450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats