Studi Resepsi terhadap Komersialisasi Perempuan Dalam Industri Pertelevisian di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v13i1.1450Keywords:
Studi resepsi, muslimah, komersialisasi perempuan, program televisi, eksploitasiAbstract
Perkembangan industri program siaran televisi di Indonesia semakin meresahkan yang ditandai dengan eksploitasi terhadap tubuh perempuan sebagai alat penarik perhatian. Tontonan seperti ini dikuatirkan berdampak pada mindset penonton terhadap apa yang dianggap benar, etis dan tidak berlawanan dengan tatanan masyarakat. Studi resepsi ini bertujuan melihat pandangan muslimah di Yogyakarta terhadap eksploitasi perempuan dalam program siaran televisi di Indonesia. Berdasarkan analisa teks terhadap isi siaran televisi, yaitu “Mata Lelaki”, “Yuk Keep Smile” dam iklam pompa air “Zimishu”; eksploitasi terhadap tubuh perempuan tidak dapat dipungkiri. Eksploitasi tersebut mencakup pertunjukkan bagian tubuh perempuan yang memiliki daya tarik seksual dan gerakangerakan yang bersifat erotis. Penilaian muslimah di Yogyakarta terhadap acara tersebut terdapat tiga pendapat. Pertama sama sekali menolak karena tidak sesuai dengan ajaran Islam yang menjunjung tinggi martabat wanita dengan menutup aurat. Kedua, dari sisi gender tidak sepenuhnya setuju karena makna eksploitasi tidak berarti harus menutup aurat sepenuhnya karena makna pornografi berbeda dengan seni dan tradisi. Ketiga, makna eksploitasi tidak selamanya negatif, bisa pula bermakna positif bila digunakan dengan cara yang positif justru bisa memotivasi dan menjadi trigger. Ketiganya sepakat ada konten-konten dari acara televisi yang memang benar-benar mengumbar aurat perempuan atau dengan kata lain mengeksploitasi tubuh perempuan seperti dalam acara YKS, Mata Lelaki dan iklan pompa air ZimishuReferences
Albarran, Alan B,1996. Media Economic : Understanding Markets, Industries and Concept, USA : State University Press
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna. 1994. Handbook of Qualitative Research. London : Sage Publications
Fiske, John, Cultural and Communication Studies, Yogyakarta, Jalasutra
Littlejohn, Stephen W. 1999. Theories of Human Communication. sixth edition. California : Wadsworth Publishing Company.
Lull, James.1998. Media, Komunikasi, Kebudayaan : Suatu Pendekatan Global. Terjemahan, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia.
Neuman, W Lawrence. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. fourth edition. Boston : Allyn and Bacon.
Shoemaker,Pamela J. and Stephen D. Reese,1991,Mediating the Message : Theories of Influence on Mass Media Content, New York : Longman Publishing Group
Sutopo, HB. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS PRESS.
Sumber Jurnal Ilmiah :
Herman, Achmad, dan Jimmy Nurdiansa, 2010, Analisis Framing Pemberitaan Konflik Israel- Palestina dalam Harian Kompas dan Radar Sulteng, Yogyakarta, Jurnal Ilmu Komunikasi, UPN “Veteran” Yogyakarta, terakreditasi B
Sumber Internet :
http://rosit.wordpress.com/2011/03/07/ komersialisasi-televisi-di-era-industri-citra/ diakses tgl 22/03/2014
http://yupazq.blogspot.com/2011/01/sejarahberdirinya-stasiun-tv-nasional.html diakses tgl 22/03/2014
http://www.mahanani.web.id/2012/04/ perkembangan-pertelevisian-dunia-dan.html diakses tgl 22/03/2014 teraswacana.blogspot.com, diakses tgl : 27/03/2014
http://eprints.uny.ac.id/4803/1/teori_resepsi_ dan_penerapannya.pdf 22/03/2014
Devin Prastyia, teras wacana.blogspot. com,diakses tgl : 03/27/2014)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.