Kajian Komunikasi Pemasaran Badan Pengelola Desa WisataA Bobung Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan

Authors

  • Nia Arniawati
  • Isbandi Sutrisno
  • Christina Rochayanti

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v13i1.1452

Keywords:

Komunikasi, komunikasi pemasaran, bauran promosi, desa wisata, wisatawan

Abstract

Desa Wisata Bobung merupakan desa wisata yang berada di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata Bobung ini bermata pencaharian pengrajin batik kayu dan topeng. Desa Wisata Bobung tidak hanya memliki wisata kerajinan, tetapi terdapat banyak ragam wisata di dalamnya. Badan Pengelola Desa Wisata (BPDW) Bobung dituntut untuk dapat menentukan penggunaan saluran komunikasi yang efektif. Meski telah terjadi kegiatan komunikasi pemasaran di BPDW Bobung tetapi hal ini belum dapat dikatakan maksimal karena BPDW Bobung belum mengevaluasi kegiatan komunikasi pemasarannya secara rutin. Maka kesimpulannya adalah BPDW Bobung telah melakukan komunikasi pemasaran hanya saja perlu dimaksimalkan lagi misalnya dengan pendampingan khusus dari pihak Perguruan Tinggi dan BPDW Bobung harus melakukan pelatihan softskill dan hardskill sehingga mampu mengoptimalkan dukungan dari luar seperti dukungan promosi dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul dan dukungan dari PT. Angkasa Pura 1 Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta dengan membuat event-event budaya agar dapat dikenal luas oleh masyarakat dan dapat meningkatkan jumlah wisatawan.

References

Anggipora, P. Marius, 1999, Dasar-Dasar Pemasaran, Rajawali Press, Jakarta. HB. Sutopo, 2002, Metode Penelitian Kualitatif, PT Grasindo, Surakarta.

Kriyantono Rachmat, 2008, Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relaions, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Kotler, 2002, Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Prenhalindo, Jakarta.

Milles, M.B. dan A.M. Huberman, 1994. Qualitative Data Analysis, SAGE Publications Inc, California.

Morissan, 2010, Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kencana Presada Media Group, Jakarta.

Rakhmat, Jalaludin, 2001, Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Satori, Djam’an, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung. Soekadijo, 2000, Anatomi Pariwisata, Gramedia, Jakarta.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sulaksana, Uyung , 2003, Intregrated Marketing Communication, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi II, Andi, Yogyakarta.

Skripsi :

Erwinda, Marianty, 2011, Strategi Komunikasi Pemasaran “Tembi Rumah Budaya” Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan.

Karunia, Nila, 2008, Analisis Program Komunikasi Pemasaran Produk Ceria Dari PT. SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA Dalam Menjaring Konsumen di Daerah Operasi Yogyakarta.

Kusumaningrum, Ratna, 2008, Analisa Strategi Komunikasi Pemasaran Suzuki Magelang Pusat Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan.

Dokumen :

Dokumen Badan Pengelola Desa Wisata Bobung, 2014.

Dokumen Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul, 2014.

Internet :

Akses Internet: www.bobungdesawisata.com diakses pada tanggal 3 Oktober 2014, 5 Januari 2015, 4 Mei 2015.

Akses Internet: www.gunungkidulkab.go.id diakses pada tanggal 4 Oktober 2014.

Akses Internet: www.pingdom.com diakses pada tanggal 1 Juni 2015.

Published

2015-04-30

Issue

Section

Artikel