Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Pembelian Furniture Dan Handycrat Produk Ukm Melalui Media Online Di Yogyakarta

Surpiko Hapsoro Darpito

Abstract


Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) khususnya industri furniture dan craft dalam membangun hubungan dengan pelanggan (customer relationship management) perlu melakukan  investasi teknologi, dalam mempengaruhi luaran pemasaran (marketing outcome). Penelitian ini 

bertujuan mengkaji pengaruh teknologi internet dalam sistem penjualan online untuk meningkatkan kepuasan dan niat pembelian produk furniture dan craft pada UKM di Yogyakarta. Metoda penelitian ini adalah survey yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 250 konsumen yang pernah membeli furniture dan craft melalui media online yang tersebar pada 38 industri furniture dan craft Usaha Kecil dan Menengah di Yogyakarta. Sejumlah masalah yang dikaji mengenai keyakinan akan kemudahan (perceived ease of use) dan keyakinan kemanfaatan (perceived usefulness) pengaruhnya terhadap kepuasan (satisfaction), keyakinan kemudahan dan keyakinan kemanfaatan pengaruhnya terhadap niat pembelian (usage intention), kepuasan pengaruhnya terhadap niat pembelian, faktor sosial (social factor) pengaruhnya terhadap niat pembelian, dan niat pembelian pengaruhnya terhadap penggunaan internet, serta kondisi yang memfasilitasi pemakai pengaruhnya terhadap penggunaan internet. Teknik Analisis Data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pertama, peneliti mengidentifikasi apakah variabel-variabel dalam Technology Acceptance Model (TAM) mempengaruhi kepuasan konsumen dan akhirnya konsumen melakukan pembelian ulang melalui media online. kedua adalah langkah recovery layanan dengan memperbaiki metode komunikasi yang lebih efektif dalam penjualan melalui media online dan juga dibangun relationship dengan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel dalam TAM mempengaruhi kepuasan konsumen namun tidak mempengaruhi niat beli konsumen untuk berbelanja online, tetapi niat belanja konsumen lebih dipengaruhi oleh faktor sosial yaitu teman, keluarga dan lingkungan. Semakin berkembangnya teknologi IT menjadikan kondisi yang memfasilitasi juga mempengaruhi konsumen untuk menggunakan internet dalam berbelanja online.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi terindeks di:

 

 

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats